2/21/17

Global Talent Capital


Radhian. Achivment and Motivation. DALAM menjalankan misi dan tanggung jawab serta dalam rangka menghadapi tantangan seorang harus memiliki modal, lebih dalam era saat ini yang sangat global. Modal yang bisa dijadikan senjata untuk menghadapi semua itu adalah Global Talent Capital, yaitu :
  1. Global Psychological Capital (Modal Psikologi). Dimana seorang harus memiliki kejiwaan yang stabil, tidak mudah stres dan mampu mengendalikan emosinya dalam setiap menghadapi persoalan, tenang dan menyakinkan.
  2. Global Social Capital (Modal Sosial). Seorang harus mampu membangun kultur sosialnya, mampu bersosialisai dan menjalin kerjasama, tidak membeda-bedakan kondisi dan keadaan serta tak acuh dengan kondisi sekelilingnya.
  3. Global Intelectual Capital (Modal Ilmu Pengetahuan). Seorang harus memiliki konsep dan teori yang luas serta mendalam,  Ilmu pengetahuan mengajarkan sebuah pengalaman dan wawasan.
  4. Global Spiritual Capital (Modal Spriritual). Nilai spriritual menjadi modal yang sangat penting bagi seorang untuk menundaukkan dan menunjukkan ketawadhuaan bahwa segala sesuatunya bersandar pada Sang Kholik Sang Pemilik segala-galanya.
Keempat modal tersebut harus dimiliki secara general atau keseluruhan tidak bisa dimiliki seorang secara parsial atau satu persatu guna mendapatkan kesuksesan yang sesungguhnya dan besar yang bisa diakui oleh semua. Artinya seoarang tidak hanya cukup memiliki modal psikologi saja atau sosial saja atau intelektual saja dan bahkan hanya spiritual saja. Karena fakta membuktikan bahwa orang yang memiliki modal intelektual tinggi tetapi tidak didukung dengan modal sosial, maka orang tersebut tidak akan maksimal dalam dunia kerja, karena kesulitan untuk berinteraksi dan memahami sekelilingnya dan masih banyak contoh fakta lainnya.


Jadi keempat modal itu harus kita miliki dalam kehidupan ini untuk menunjukkan kemampuan kita, yang mana kita mampu untuk bekerja dan sanggup diberi tanggungjawab. Selain itu keempat modal itu sebagai senjata untuk meraih kesuksesan di dunia dan akhirat.  Wallahu a'alam


2 comments:

  1. Joss lanjutkan..Kalau boleh sy tambahan, tidak ada dalam buku tetapi praktek selalu dijalankan, yaitu modal identitas, modal kapasitas dan modal isi tas

    ReplyDelete
  2. Siap makasih atas masukannya...
    Identitas memang menjadi sebuah eksistensi yang harus dimiliki oleh sesorang, tanpaidentitas apalah artinya. Saya kira jika seorang memiliki empat identitas diatas kapasitasnya akan terpenuhi. Dan isi tas ???!!! hahahaha...

    ReplyDelete