3/10/17

Budi Daya Ikan Patin dalam Air Mengalir

Dalam pengembangan tehnologi budidaya ikan patin di kolam air mengalir hal yang sangat perlu diperhatikan adalah kesiapan sarana dan prasarana serta proses produksi dari budidaya itu sendiri.

Sarana dan prasarana
Sarana dan prasarana merupakan hal pokok yang harus dipenuhi dalam kegiatan budidaya. Ketersediaan sarana dan prasarana produksi akan mempengaruhi kelancaran dan harga pokok produk yang dihasilkan. Sarana dan prasarana yang digunakan dalam usaha pembesaran ikan patin pada kolam air mengalir adalah kolam permenen dengan ukuran 2 are dan sanitasi air mengalir.

Proses produksi
Proses produksi pembesaran ikan Patin system kolam air mengalir meliputi persiapan Kolam, penebaran benih, pemeliharaan dan pemanenan. Uraian ringkas proses produksi ikan Patin sebagai berikut :
  • Persiapan Kolam. Persiapan Kolam merupakan langkah awal dalam usaha pembesaran ikan Patin sehingga proses pemeliharaan dapat berjalan secara optimal dan dapat mencapai produksi yang diharapkan. Persiapan kolam air mengalir yang dilakukan dalam usaha pembesaran ikan Patin meliputi persiapan pemupukan kolam dan system sanitasi air mengalir.
  • Penebaran benih. Penebaran benih ikan dilakukan pada pagi hari dengan padat penebaran 750-1000 ekor/satu Kolam. Ukuran benih yang ditebar pada awal pemeliharaan adalah 5-8 cm/ekor. Sebelum dilakukan proses penebaran terlebih dahulu dilakukan proses aklimatisasi agar benih rnudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Proses aklimatisasi suhu dilakukan dengan cara mengapungkan kantong-kantong benih pada permukaan air kolam. kemudian kantong benih dibuka dan sedikit demi sedikit air kolam dimasukkan ke dalam kantong sampai benih keluar dengan sendirinya.
  • Pemeliharaan. Pemeliharaan ikan Patin untuk mencapai ukuran yang diinginkan oleh konsumen dilakukan selama kurang lebih 80-90 hari. Selama masa pemeliharaan ikan patin diberikan pakan berupa pellet cap Bintang dengan : pemberian pakan sebanyak tiga kali sehari yaitu pagi, siang dan sore
  • Pemanenan. Pemanenan ikan patin ukuran konsumsi pada kolam air mengalir dilakukan pada pagi atau sore hari. Pemanenan dilakukan setelah masa pemeliharaan mencapai 80-90 hari.. Metoda pemanenan yang digunakan adalah metoda panen total.

0 komentar:

Post a Comment