3/6/17

Kapita Selekta Pendidikan Islam

Radhian. Sebelum jauh membahas tentang kapita sekta pendidikan Islam, alangkah baiknya kita pahami dulu maksud dari masing-masing kata dari kalimat tersebut. Kapita Selekta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti bunga rampai karya ilmiah yang dianggap penting. Dalam kamus Hukum kapita selekta adalah kumpulan karangan yang masing-masing menguraikan sesuatu persoalan, tetapi persoalan yang diuraikan itu termasuk dalam lingkungan sesuatu ilmu pengetahuan.(J.C.T. Simorangkir, Kamus Hukum, Sinar Grafika, Jakarta, 2002). Sehingga bisa disimpulkan bahwa kapita selekta adalah kumpulan inti sari dari suatu bahan atau materi kajian bidang ilmu tertentu yang tersusun secara rinci dengan penjelasan yang terkini.


Tanpa kita uraikan tentang pendidikan Islam secara mendalam, dalam kontek pendidikan Islam, berarti kapita selekta pendidikan Islam merupakan suatu pembahasan pendidikan Islam yang membicarakan tentang masalah-masalah pokok/pilihan dalam pendidikan Islam, yang aktual, untuk inovasi dan kemajuan pendidikan Islam. Kemudian pokok-pokok pembahasan yang muncul adalah :
  • Obyek pembahasannya adalah masalah/problematika dari pendidikan Islam. Maka dapat disimpulkan bahwa masalah pendidikan adalah ketidaksesuaian antara yang seharusnya dengan kenyataan yang timbul dalam penyelengaraan sistem pendidikan Islam yang perlu dicari kejelasannya, terutama mengenai hal-hal yang melatarbelakangi  munculnya permasalahan itu, supaya dapat diketahui dengan jelas masalahnya dan dapat ditentukan jalan keluarnya.
  • Permasalahannya yang dibahas bersifat penting dan terpilih. Kapita selekta pendidikan Islam secara selektif membahas permasalahan yang aktual, yang hangat-hangatnya dibahas pemerintah, diperbincangkan oleh para pakar dan pengelola pendidikan Islam. Oleh karenanya, permasalahan pendidikan Islam yang menjadi sasaran kajian “Kapita Selekta Pendidikan Islam” tidak akan pernah habis dan kadaluarsa, melaikan akan selalu berkembang sesuai denagn tuntutan perkembangan zaman.
  • Tujuan pembahasannya adalah untuk menemukan penyebab yang menimbulkan permasalahan pendidikan kemudian menentukan jalan keluarnya. ahwa dalam mengkaji permasalahan pendidikan diharuskan menerapkan pendekatan sebab-akibat, bukan menerapakan pendekatan gejala. Hasil penyelesaian permasalahan pendidikan yang ditentukan melalui penerapan pendekatan pertama, akan menjurus pada jalan keluar yang lebih memungkinkan membawa perbaikan secara integral. Sedangkan hasil penyelesaian permasalahan dengan pendekatan kedua biasanya akan menjerumus pada satu macam jalan keluar yang dimungkinkan hanya membawa perbaikan secara parsial

Jadi, jelaslah bahwa kapita selekta pendidikan Islam merupakan suatu bentuk kajian atau pembahsan yang menuntun dan mengarahkan kita agar mampu berfikir analisis lagi kritis terutama dengan menerapkan kaidah deduktif dan induktif, agar kita sebagai insan akademis, insan cendikia berwawasan luas dalam menanggapi permasalahan pendidikan Islam dan pendidikan Nasional yang ada di Indonesia ini seca umum. Wallahu a'lam

0 komentar:

Post a Comment