3/13/17

Pembuatan Kolam untuk Lele Organik

Pada saat ini media yang direkomendasikan untuk budi daya lele tanpa pakan pelet (lele organik) adalah kolam terpal, dengan maksud agar bisa dibudayakan oleh setiap rumah tangga dikarenakan: mudah, tidak memerlukan lahan yang luas, dapat ditempatkan di gang antara rumah di halaman depan atau di belakang rumah dan sisa lahan yang sempit dan sangat irit air untuk daerah yang sulit air. Selain itu budi daya yang kita lakukan adalah mengandalkan peranan mikroba, apabila dilakukan pada kolam tanah maka proses bekerjanya mikroba bisa meremahkan tanah di sekeliling kolam sehingga akan terjadi pelongsoran tanah. Sedang untuk kolam semen bisa membuat baru atau memanfaatkan yang sudah ada. Untuk kolam semen lebih bagus jika proses pembuatannya digali daripada kolam semen yang berdiri seperti tembok, karena kolam semen yang dibuat seperti tembok penurunan suhunya lebih lama.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan kolam
Untuk mempermudah aplikasi dalam budi daya lele tanpa pakan maka kita rekomendasikan ukuran skala rumah tangga sebagai berikut : Kolam ukuran 1X4m untuk 1.000 ekor lele dan membutuhkan media kohe fermentasi sebanyak 6 sak @ 50kg sehingga total kebutuhan kohe fermentasi sebanyak 300kg. "Jika akan mengaplikasikan dengan ukuran dan jumlah lele yang berbeda tnggak dikalikan/dibagi"; misalnya untuk kolam 2x4 m, butuh kohe fermentasi 600 kg, bisa untuk 2000 ekor lele, dst

Untuk penempatan kolamnya usahakan ditempat yang agak ternaungi/tidak boleh langsung dibawah terik matahari (entak-entakan), bisa disamping rumah atau dibawah pohon yang tidak terlalu rindang. Tetapi yang penting tetap terkena panas matahari. 

Usahakan kolam terpal sudah siap sebelum proses pembuatan kohe fermentasi selesai, sehingga proses perendaman Kohe fermentasi dapat segera dilakukan. Sebelum terpal dipasang usahakan dasar petakan yang akan dibuat kolam diratakan terlebih dahulu dengan ditambahkan Mbrambut (sekam) atau pasir, hal itu dimaksudkan agar dalam masa proses budi daya, kolam terpal tidak bocor karena terkena batu atau tonggak kayu.

0 komentar:

Post a Comment