3/24/17

Perendaman Kohe Fermentasi ke Dalam Kolam


Tahapan selanjutnya dalam budi daya lele organik setelah kolam terbuat dan proses pembuatan pabrik pakan atau proses fermentasi kohe berhasi adalah perendaman kohe ke dalam kolam. Tahap dalam perendaman kohe fermentasi Gawek sebagai media yang mempersiapakan ketersediaan pakan lele di dalam kolam terpal. Secara teknis pekerjaan yang bisa dilakukan adalah isi setiap luasan kolam 1x4 m untuk populasi lele sejumlah 1.000 ekor dengan 6 sak kohe fermentasi Gawek, dengan berat masing-masing sak 50kg atau total seberat 300kg, untuk luasan kolam dengan ukuran lain tinggal mengalikan saja. Misalnya kolam terpal ukuran 2x4 m dengan populasi 2.000 ekor lele isi dengan 12 sak@ Kohe fermentasi Gawek @ 50 kg ayau sejumlah 600kg  kohe fermentasi Gawek.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam proses perendaman
Isi kolam terpal yang sudah terisi kohe fermentasi Gawek dengan air dengan ketinggian maksimal setinggi sak kohe atau sekitar 30-50 cm. Biarkan perendaman ini berjalan sampai proses penyiapan makan bagi lele dan kondisi air dikolam terpal siap untuk kolam pemeliharaan dengan indikasi :
  • Air di dalam kolam sudah tidak berbau, warna air kehitaman.
  • Di dalam kolam terpal sudah banyak terlihat bakal pakan lele seperti, cacing, serangga air, plangkton dll
Setelah semua kondisi memuaskan, maka tambahkan air sampai ketinggian 80 cm lalu tambahkan Fermentor Gawek untuk Kolam ukuran 1x4m  sebanyak 5 tutup botol fermentor gawek atau 10 tutup botol untuk luasan kolam 2X4m, berarti proses perendaman Kohe fermentasi Gawek untuk persiapan pakan bagi lele dan pengkondisian air kolam untuk penebaran benih telah selesai.

Catatan : AIR YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGISI KOLAM TERPAL JANGAN AIR YANG MENGANDUNG KAPORIT (AIR PDAM) TETAPI GUNAKAN AIR TANAH, misalnya gunakan air sumur gali atau sumur pompa.






0 komentar:

Post a Comment