3/7/17

The Difference Between The Technology Education With Technology in Education

Perbedaan antara Teknologi Pendidikan dengan Teknologi dalam Pendidikan

Radhian. Pada prinsipnya, teknologi pendidikan (educational technology) memiliki pengertian yang berbeda dengan teknologi dalam pendidikan (technology in education). 

Istilah teknologi berasal dari bahasa yunani “technologia” dan dalam bahasa inggris “technology”, yang memiliki arti penanganan sesuatu secara sistematis atau penerapan sain (science) untuk memecahkan masalah.  Sehingga  teknologi pendidikan dapat diartikan sebagai penanganan masalah pendidikan secara sistematis atau penerapan sain (science) untuk memecahkan masalah pendidikan.

Organisasi Profesi Teknologi Pendidikan “Association for Educational Communication and Technology (AECT)” mendefinisikan teknologi pendidikan sebagai berikut : “Educational Technology is a complex, integrated process involving people, procedures, ideas, devices and organization for analyzing problems and designing, implementing, evaluating and managing solutions to those problems, involved in all aspects of human leaning”. Teknologi pendidikan adalah suatu proses yang kompleks dan terpadu serta melibatkan manusia, prosedur, buah pikiran, rancangan serta, pemgorganisasian dalam menganalisa, merancang, melaksanakan, mengevaluasi dan mengelola pemecahan masalah tindak belajar manusia dari segala aspek.

Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa, pengertian teknologi pendidikan pada hakekatnya adalah pemecahan masalah pendidikan (tindak belajar manusia) dari segala aspek, bukan hanya digunakannya mesin-mesin atau alat-alat elektronik dalam pendidikan.

Sedangkan yang dimaksud teknologi dalam pendidikan (technology in education) adalah digunakannya mesin-mesin atau alat-alat elektronik ---yang merupakan hasil teknologi--- dalam pendidikan. Ia mencakup setiap kemungkinan sarana (alat) yang dapat menyajikan informasi, sehingga hal ini sangat berhubungan erat dengan alat-alat yang dipakai dalam pendidikan seperti tv, laboratorium bahasa, internet dan berbagai jenis media yang diproyeksikan. Atau secara sederhana, bahwa teknologi dalam pendidikan pada dasarnya adalah semua yang oleh teknologi pendidikan populerkan dengan nama “alat bantu pandang dengar” (Audio Visual Aids).

Secara umum alat bantu pandang dengar ini terdiri atas dua komponen yang saling tergantung, tetapi berbeda satu sama lain. Pertama dikenal sebagai perangkat keras (hardware) yaitu yang berhubungan dengan peralatan sesungguhnya, seperti overhead proyektor, tape recorder, proyektor film, proyektor film strip, internet dan sebagainya. Sedangkan perangkat yang kedua dikenal dengan perangkat halus (software), yaitu semua yang berkenaan dengan benda yang dipakai sehunbungan dengan adanya hardware tersebut, misalnya transparansi, program slide, program komputer, program internet dan lain sebagainya.

Contoh: Penggunaan semua mesin, alat elektronik dan semua yang merupakan hasil teknologi, semisal radio, tv, komputer, internet, semua program hard ware maupun soft ware dan sebagainya dalam proses pendidikan, maka penggunaan alat-alat tersebut bisa dikategorikan sebagai teknologi dalam pendidikan. Sebaliknya, apabila alat, mesin dan semua hasil teknologi tersebut tidak dimanfaatkan dalam pendidikan, maka ia pun tidak dapat dikategorikan sebagai teknologi dalam pendidikan. Wallahu a'alam

0 komentar:

Post a Comment