4/18/17

Usaha Harus Dipasarkan, Bagaimana Caranya ??

MENGELOLA PERIKLANAN, PROMOSI PENJUALAN, DAN HUBUNGAN MASYARAKAT

Mengembangkan dan Mengelola Program Iklan
Periklanan merupakan segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara non personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. Agar dapat diklasifikasikan sebagai periklanan promosi umum, maka sebuah iklan harus memenuhi persyaratan, yaitu : (1) harus mendidik; (2) harus membina opini yang menyenangkan mengenai perusahaan; (3) harus meningkatkan kualitas investasi dalam bidang keamanan; (4) harus menawarkan perusahaan sebagai tempat yang baik untuk bekerja.

Atas dasar tujuan yang hendak dicapai dalam proses komunikasi, periklanan dapat dibedakan:
  1. Periklanan informatif yaitu periklanan yang tujuannya membicarkan informasi dan produk perusahaan.
  2. Periklanan persuasif yaitu jenis periklanan yang tujuannya membujuk calon konsumen atau konsumen aktual untuk melakukan pembelian.
  3. Periklanan yang mengingatkan kembali yaitu bentuk periklanan yang bertujuan untuk memelihara ingatan konsumen agar tetap setia terhadap suatu produk. 
Secara umum harga produk justru akan lebih murah dengan adanya iklan. Sebaliknya, tanpa iklan harga produk justru akan lebih mahal. Karena, iklan akan meningkatkan permintaan atas produk-produk yang bersangkutan. Seandainya kegiatan iklan dihentikan, maka permintaan atas produk dengan sendirinya akan turun dan biaya produksipun akan meningkat sehingga pada akhirnya harga produk akan lebih mahal. 

Ada lima faktor spesifik yang perlu dipertimbangkan saat menetapkan anggaran periklanan yaitu : (1) Tahap dalam siklus hidup produk; (2) Pangsa pasar dan basis konsumen; (3) Persaingan dan gangguan; (4) Frekuensi periklanan; (5) Kemungkinan substitusi produk.

Iklan dibutuhkan kreativitas para pembuatnya. Pengiklan melalui beberapa tahap dalam mengembangkan suatu strategi yang kreatif yaitu (1) pembentukan dan evaluasi pesan; (2) evaluasi dan pemilihan pesan; (3) pelaksaan pesan; (4) pengakajian ulang tanggung jawab sosial pesan itu.

Menetapkan Media dan Mengukur Efektifitas
Setelah memilih pesan iklan, tugas berikutnya adalah memilih media periklanan untuk menyampaikan pesan iklannya. Adapun tahapannya yaitu : (1) mengambil keputusan mengenai jangkauan, frekuensi, dan dampak yang diinginkan; (2) memilih diantara berbagai jenis media utama, memilih sarana media tertentu; (3) memutuskan waktunya; (4) memutuskan alokasi media secara geografis. Jenis-jenis media utama yang digunakan diantaranya surat kabar, televisi, surat langsung, radio, majalah, brosur, dan telepon. 

Pengukuran efektifitas periklanan dilakukan terhadap iklan dan kampanye tertentu. Pada umumnya para pengiklan berusaha mengukur dampak komunikasi dari suatu iklan yaitu potensi dampaknya pada kesadaran, pengetahuan, atau preferensi, serta mengukur dampak terhadap penjualan karena adanya iklan tersebut. 

Promosi Penjualan
Promosi penjualan bertujuan untuk menarik pelanggan baru, mempengaruhi pelanggannya untuk mencoba produk baru, mendorong pelanggan untuk membeli lebih banyak, menyerang aktivitas promosi pesaing, meningkatkan pembelian tanpa rencana sebelumnya atau mengupayakan kerjasama yang lebih erat dengan pengecer. Promosi penjualan mempunyai sifat komunikasi, insentif  dan undangan. Promosi penjualan yang dilaksanakan oleh penjual dapat dikelompokkan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, diantaranya adalah: (1) Customer promotion, (2) Trade promotion; (3) Sales promotion; (4) Business promotion.

Hubungan Masyarakat (Humas)
Hubungan masyarakat adalah fungsi managemen yang mengevaluasi sikap publik, mengidentifikasi kebijaksanaan-kebijaksanaan dan prosedur-prosedur seorang individu atau sebuah organisasi berdasarkan kepentingan publik, dan menjalankan suatu program tindakan untuk mendapatkan pengertian dan penerimaaan publik. Ada lima fungsi humas, antara lain : (1) hubungan pers; (2) publikasi produk; (3) komunikasi perusahaan; (4) lobi; dan (5) pemberian nasihat yang dilakukan ketika terjadi kesalahpahaman  masyarakat terhadap produk. 

Dalam pemasaran humas memiliki peran yang penting dengan beberapa tugas-tugas yaitu : (1) membantu peluncuran produk; (2) membantu memposisikan kembali produk mapan; (3) membangun minat terhadap suatu kategori produk; (4) mempengaruhi kelompok sasaran tertentu; (5) membela produk yang menghadapi masalah publik; (6) membangun cutra perusahaan untuk mendukung produk. 



MENGELOLA PEMASARAN LANGSUNG DAN ONLINE

Pemasaran Langsung
Pemasaran langsung adalah suatu sistem bentuk dari pemasaran interaktif dengan menggunakan suatu media iklan atau lebih untuk mendapatkan respon atau transaksi yang dapat diukur. Manfaat pemasaran langsung bagi konsumen yaitu nyaman, menghemat waktu, pilihan barang dagangan lebih banyak, dapat membuka-buka katalog. Sedangkan manfaatnya bagi penjual yaitu dapat membangun hubungan yang berkesinambungan dengan pelanggan, dapat mengetahui alamat pelanggan menurut nama dari kelompok-kelompok pelanggan.

Selain manfaaat, pemasaran langsung ini juga mempunyai beberapa kekurangan atau kelemahan, di antaranya :
  1. Dalam biaya pemasaran offline, tergolong mahal. 
  2. Dalam pemasaran yang luas, mungkin tergolong sulit. 
  3. Dalam mengakses setiap produk dalam offline ini tergolong sulit.
Pemasaran langsung dapat menggunakan berbagai saluran atau bentuk untuk menjangkau calon pembeli dan pelanggan. Saluran atau bentuk itu terdiri dari penjualan tatap muka, pemasaran surat langsung, pemasaran melalui catalog, Telemarketing, TV dan media dengan tanggapan langsung lain, serta pemasaran melalui kios.

Pemasaran Interaktif (Online)
Pemasaran online yaitu proses transaksi penjualan barang dan jasa dengan menggunakan media online berupa teknologi elektronik yang dapat memudahkan para konsumen memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Pemasaran online mempunyai beberapa keunggulan maupun kelemahan, diantaranya :

Keunggulan
  • Perusahaan dapat mengirimkan pesan khusus yang melibatkan konsumen dengan mencerminkan minat dan perilaku khusus mereka.
  • Media yang digunakan dalam pemasaran interaktif yaitu web, dapat menawarkan keunggulan penempatan kontekstual dan membeli iklan di situs yang berhubungan dengan penawaran pemasar. 
  • Web sangat efektif untuk menjangkau masyarakat sepanjang hari. 
Kelemahan 
  • Adanya situs palsu yang dihasilkan oleh situs web yang menggunakan piranti lunak.
  • Pengiklan kehilangan kendali atas apa yang ingin dilakukan konsumen dengan pesan online dan kegiatan mereka.
  • Konsumen dapat dengan mudah menempatkan video di tempat yang tidak diinginkan.
Pemasaran online mempunyai beberapa manfaat bagi para pemasar, yaitu : (1) penyesuaian yang cepat terhadap kondisi pasar; (2) biaya yang lebih rendah; (3) pemupukan hubungan; (4) pengukuran besar pemirsa. Pemasaran online dapat dijalankan dengan : (1) kehadiran secara elektronis pada internet; (2) memasang iklan online; (3) forum, newsgroup, bulletin boards, dan komunikasi web; (4) e-mail dan webcasting.

Mengelola Tenaga Penjualan
Ada lima langkah cara mengelola tenaga penjualan yaitu: (1) Perekrutan dan penyeleksian wakil penjualan; (2) Pelatihan wakil penjualan; (3) Mengarahkan wakil penjualan; (4) Memotivasi perwakilan penjualan; (5) Mengevalusi wakil penjualan.

0 komentar:

Post a Comment