4/28/17

Tips Mengelola Penghasilan

Bagi yang memiliki gaji 5 juta perbulan bisa mengaplikasikan tips dibawah ini. Tips ini bukan sesuatu yang pasti hanya sebatas tawaran dan rancangan untuk mengetur dan mengelola keuangan. Jadi bila dirasa tips ini tidak tepat ya wajarwajar saja, karena semua akan kembali kepada masing-masing individu.

Begini sedikit tips penghasilan kecil bisa kaya. Gunakan penghasilan 5 jt / bulan anda dengan perincian:

  1. 40 % untuk kebutuhan konsumtif  (makan, listrik, sekolah anak dll) = 2 jt
  2. 15 % untuk tabungan hari tua, sekolah anak = 750 rb
  3. 10 % tabungan usaha / kredit / cicilan = 500 rb
  4. 15 % tabungan haji & umroh = 750 rb
  5. 5 % infak/shodaqah = 250 rb
  6. 7,5 % anggaran tak terduga, undangan 325 rb
  7. 7,5 % anggaran liburan, refresing = 325 rb

Dalam setahun

  • Anda sdh punya tabungan 9 jt
  • Tabungan usaha / bayar kredit / cicilan 6 jt
  • 9 jt tabungan haji / umroh
  • Bersedekah / infaq 3 jt
  • Sdh mempunyai tabunagn anggaran tak terduga, undangan 3,9 jt
  • Sdh punya anggaran untuk liburan 3,9 jt

Pelitkah anda? Tidak masak dengan penghasilan 5 jt/bln sudah bershodaqah 3 jt setahun, nabung haji/ umroh 9 jt untuk bersenang-senang 3,9 jt dll msh di bilang pelit??? Nah sekarang intropeksi apakah infak shodaqah kita yg sdh 3 jt per tahun? Punya tabungan umroh/haji? Punya tabungan hari tua? 

Mau kaya? Mau berbagi dengan sesama? Iyalah!!!! Kalau mau kaya dan berbagi dengan sesama ya tapi penghasilan pas-pasan ya harus bijak dengen pendapatan yang ada. Kecuali penghasilan anda 5 jt per hari bolehlah. Tapi kalau tetap tidak bijak ndak bisa jadi apa-apa juga. 

Dalam waktu 5 tahun
  1. Punya tabungan 45 jt
  2. Tabungan untuk usaha 30 jt
  3. Tabungan haji/umroh 45 jt

Itu belum bisa dikatakan kaya! Ya iyalah baru 5 tahun dengan penghasilan paspasan. Maka dari itu rajin-rajinlah bijak terhadap keuangam anda. Insyaallah bisa! Jangan sampai anda merugi 5 tahun dengan penghasilan 5 jt/bulan belum punya apa-apa, belum bisa berbuat apa-apa.

Tips ini juga bisa dilakukan bagi yang penghasilannya dibawah 5jt/bulan, dengan menggunakan prosentase perincian yang sama namun hasilnya juga akan berbeda. Sekali lagi bila ada yang tidak sesuai itu hal yang wajar karena setiap individu memiliki kebutuhan yang berbeda dan beranekaragam. Maka mengatur keuangan dengan bijak itu sangatlah penting.

0 komentar:

Post a Comment