10/27/17

Studi Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia

Sebuah Diskripsi dan Gambaran Umum

Uraian berikut memberikan gambaran kepada kalayak terutama buat para insan akademis yang sedang berproses untuk mengembangkan keilmuannya. Studi kebijakan pendidikan Islam ini merupakan suatu kajian untuk melihat, mempelajari dan mengamati kondisi dan perkembangan kebijakan pendidikan Islam yang sedang berkembang di Indonesia.

Konsep dasar studi kebijakan pendidikan. Belajar tentang kebijakan pendidikan Islam harus dilandasi dahulu dengan memahami makna kebijakan, kerena tanpa memahami tersebut akan tidak ada artinya. Berbicara kebijakan juga erat kaitannya dengan kebijaksanaan. Istilah kebijakan dan kebijaksanaan tersebut memiliki makna yang berbeda meskipun seakan memiliki kesamaan dalam penulisan, tapi sebenarnya sangatlah jauh. Perhatikan saja kebijakan berasal dari kata bijak sedangkan kebijaksanaan berasal dari kata bijaksana. Selain memahai kata kebijakan kita harus paham dengan makna pendidikan, setelah itu baru dikolaborasi makna dari kebijakan pendidikan. Memahami konsep kebijakan pendidikan, banyak hal yang tercakup didalamnya. Mulai dari tingkatan/stratifikasi kebijakan pendidikan, jenis, model, manfaat, kriteria dan kebijakan pendidikan sebagai kebijakan publik.

Proses kebijakan pendidikan. Proses merupakan satu rangkaian yang tersusun secara sistematis dan berurutan. Hal ini juga berlaku untuk Proses kebijakan pendidikan di Indonesia, diawali dari adanya perumusan kebijakan yang bersumber dari isu atau masalah yang berkembang di masyarakat kemudian di saring untuk masuk pada tahap perumusan kebijakan kemudian naik pada tahap legitimasi dan kemudian ke tahap implementasi. Setelah diimplementasikan kebijakan pendidikan tidak dibiarkan begitu saja tetapi ada tahap monitoring dan evaluasi, hal ini untuk melihat tingkat keberhasilan kebiijakan pendidikan menjawab persoalan yang muncul dan untuk menentukan keberlanjutan kebijakan pendidikan tersebut.

Memahami kebijakan pendidikan Islam. Dalam hal pengertian sama dengan kebijakan pendidikan secara umum, namun dalamhal ini di kontekskan pada pendidikan Islam. Meskipun demikian sebenarnya pendidikan Islam pun juga sudah masuk dalam bagian sistem pendidikan nasional. Yang pasti dalam hal ini kita dituntut untuk memahami makna atau persepsi dari pendidikan Islam serta bentuk-bentuk kebijakan pendidikan Islam di Indonesia segaligus lengkap dengan dasar hukumnya.

Perkembangan Kebijakan Pendidikan Islam di Indonesia. Jelas kebijakan pendidikan Islam semakin hari semakin berkembang untuk menggapai kesempurnaannya. Perkembangan kebijakan pendidikan Islam maupun pendidikan secara umum tidak terlepas dengan kondisi politik yang ada di Indonesia. 


Tantangan kebijakan pendidikan Islam. Tantangan pasti selalu muncul dalam setiap hal dan bahkan kadang dapat mempengaruhi secara signifikan, hal tersebut pastinya juga terjadi pada kebijakan pendidikan Islam. Perkembangan umat dan kondisi Islam baik lokal maupun global sangat mempengaruhi kebijakan pendidikan Islam.

Demikian sekelumit diskripsi tentang pembahasan studi kebijakan pendidikan Islam di Indonesia. Materi dapat diunduh dengan mengeklik sub tema diatas dan untuk menguatkan pemahaman tentang hal tersebut dapat dipelajari beberapa contoh persoalan tentang pembahasan dibawah ini.

0 komentar:

Post a Comment