1/3/18

Studi Kebijakan Pendidikan Islam (Part 2)

Diskripsi dan Gambaran Umum Tema Studi Kebijakan Pendidikan Islam

Cakupan studi kebijakan pendidikan Islam sangatlah luas sekali dan sifatnya sangat dinamis. Perkembangan dan perubahan menjadi ciri khas dari sebuah kebijakan publik, karena tujuan kebijakan adalah untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang berkembang di tengah-tengah masyarakat. Pendidikan Islam adalah bagian yang tak terpisahkan dari sistem pendidikan nasional, hal ini didasarkan pada isi UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. Dan lebih dari itu, untuk menjabarkan dan memperkuat posisi pendidikan Islam sebagaimana dalam Sistem Pendidikan Nasional digulirkanlah atau diterbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 55 tentang Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan.


Dalam membahas pendidikan Islam kita bisa mengkategorikan Pendidikan Islam dalam pengertian institusi atau kelembagaan. Artinya bahwa ketika kita menyebut pendidikan Islam berarti kita juga menyebut lembaga pendidikan Islam. Banyak sekali lembaga-lembaga pendidikan Islam yang berkembang di Indonesia, baik yang bersifat formal maupun nonformal. Semua bentuk lembaga pendidikan Islam tersebut telah diatur dalam sebuah kebijakan. Karena pendidikan Islam bagian dari sistem pendidikan Islam, untuk standarisasi pendidikan secara nasional, lembaga pendidikan Islam juga ikut dalam program akreditasi pendidikan. Dengan adanya akreditasi akan tidak salah sangka akan mutu lembaga pendidikan Islam tersebut.

Selain secara istitusi atau kelembagaan kita dapat menyebut pendidikan Islam dengan sebuah materi atau kurikulum. Artinya bahwa pendidikan Islam menjadi tema pembahasan atau materi pembelajaran yang diajarkan dalam sistem pendidikan nasional. Materi pendidikan agama Islam wajib diajarkan pada seluruh jenjang pendidikan (pendidikan dasar sampai pendidikan tinggi) yang ada di Indonesia.

Dibawah ini beberapa materi yang terkait dengan studi kebijakan pendidikan Islam yang bisa saudara baca. Namun semua hanya sebatas rangsangan, untuk memberikan gambaran awal. Selain itu juga ada beberarapa contoh persoalan yang bisa dipecahkan untuk memahami secara mendalam kaitan dengan materi-materi tersebut. (klik saja pada judul tema-tema dibawah ini)


0 komentar:

Post a Comment