Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terdeteksi di PC dan HP Android

masfery.com - Ketika anda mencolokkan kartu sd mikro berkapasitas 8 GB/16 GB/32 GB milik anda  ke komputer (PC) ataupun ke laptop windows 7/8/10 untuk mentransfer data, namun kartu sd anda tidak terbaca, apakah kartu sd anda sedang corrupted dan perangkat lunak (software) nya harus diperbaiki sehingga bisa mengembalikan data yang tersimpan di dalamnya?

Lalu, dilain waktu pada saat anda mencoba untuk menghubungkan kartu sd anda ke HP Android. Pada saat anda hubungkan kartu sd anda ke HP Android namun tidak juga bisa terdeteksi, padahal ada data berupa foto, video, dan aplikasi lain yang penting di dalamnya, apakah ada yang tahu bagaimana cara memperbaiki kartu sd yang tidak bisa terdeteksi tersebut?

Untuk menjawab kartu sd yang tidak terbaca di Komputer, Laptop, PC, serta HP Android (Oppo, Samsung, Xiaomi, Vivo, Realme, dan Asus) tersebut anda bisa simak tentang bagaimana solusi yang bisa anda terapkan dibawah ini secara lengkap.

Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terdeteksi di PC dan HP Android
pixabay.com

Penyebab Kartu SD Tidak Terdeteksi dan Cara Mengatasinya

Saat ini, kartu sd atau bisa juga disebut dengan kartu micro sd telah banyak digunakan di PC, Ponsel Android, Kamera Digital, serta perangkat digital lainnya untuk menyimpan data. Namun terkadang kartu sd bisa saja rusak dan menjadi perangkat yang tidak dikenali. Gejalanya bervariasi, terkadang kartu sd tidak muncul di Ponsel Android atau di My Computer (Disc Drive).

Terkadang muncul akan tetapi tidak bisa dibuka, terkadang pula anda mungkin akan dapati notifikasi kesalahan berupa "Please Insert a Disk Into Removable Disk" yang artinya "Harap Masukkan Disk ke Removable Disk" atau bisa juga muncul pemberitahuan berupa "Android Phone Cannot Find Micro SD Card" yang artinya "Ponsel Android Tidak Dapat Menemukan Kartu SD Mikro" serta bisa juga muncul "There Are No Valid Media" yang artinya bahwa Tidak Ada Media yang Valid".

Ketika anda berada pada situasi yang tergambar diatas, maka anda perlu mengetahui tentang cara memperbaiki kartu sd yang tidak dapat dibaca dan mengembalikan data yang sempat hilang di dalamnya. Untuk itu, silahkan dibaca terus untuk mendapatkan solusinya.


Mengembalikan Data dari Kartu SD yang Tidak Terdeteksi

1. Colokkan kartu sd anda ke PC, lalu download dan buka Software Gratis Mengembalikan Data dari EaseUS disini. lalu anda pilih dimana lokasi drive kartu sd anda dan klik tombol Scan.
Software akan mendeteksi data yang hilang dan data yang masih tersedia di kartu sd anda.

2. Setelah anda scan data tersebut selesai, pilih pratinjau dan klik file yang anda inginkan. Terakhir klik tombol Recover untuk mengambil datanya dan bisa anda simpan ke dalam PC atau disk lainnya.

Mengembalikan Data dari Kartu SD yang Tidak Terdeteksi
easeus.com

Memperbaiki Kartu SD Corrupted, Tidak Terbaca, dan Tidak Tampil

Ada tiga metode yang bisa anda coba lakukan untuk memperbaiki kartu sd yang tidak terdeteksi diantaranya sebagai berikut ;


Pertama, Update Driver Kartu SD di Komputer.

1. Buka Computer dan pilih System Properties.
2. Di dalam taskbar yang berada di sebelah kiri, klik Device Manager dan selanjutnya USB Controller dan Klik +. Nantinya anda akan melihat tanda seru berwarna kuning.
3. Berikutnya klik kanan dan pilih Update Driver Software, kemudian anda klik Automatically Search for Driver Software Online.
4. Tunggu beberapa saat dan biarkan driver terbaru yang akan di update diinstal dan komputer anda akan di reboot secara otomatis setelah proses selesai. Setelah itu, anda bisa mencoba hubungkan kembali Kartu SD anda ke Komputer dan cek apakah terdeteksi atau tidak.

Update Driver Kartu SD di Komputer
easeus.com


Kedua, Format Kartu SD Menggunakan Disk Management Tool

1. Klik Start dan masuk ke Control Panel.
2. Klik Administrative Tools dan dilanjutkan dengan klik Computer Management.
3. Ketika Windows terbuka, anda klik pada Disk Management dan temukan perangkat yang terdeteksi di Drive Viewer.
4. Kemudian, anda bisa klik kanan pada Kartu SD dan pilih Format untuk langsung memformat Kartu SD anda.
5. Disk Management bukanlah Tools yang biasa digunakan untuk memformat disk drive. Anda bisa mencoba lakukan format menggunakan Windows, CMD, dan Software.

Format Kartu SD Menggunakan Disk Management Tool
easeus.com


Ketiga, Perbaiki Kartu SD Corrupt dan Tidak Terbaca dengan CMD

1. Tekan Windows Key dan Tombol X untuk mengarahkanmu ke Power Users Menu.
2. Di dalam Power Users Menu, anda pilih opsi Command Prompt.
3. Klik Yes ketika anda telah dibukakan jendela UAC yang mana nantinya akan meminta izin untuk peluncuran Command Prompt sebagai Administrator.
4. Di jendela Command Prompt yang baru saja anda buka, ketik chkdsk E: /f /r /x.


Sekian Penjelasan Singkat Tentang Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terdeteksi di PC dan HP Android. Semoga Bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel