Berbagai Kode Error Printer CANON dan Cara Mengatasinya

masfery.com - Kesalahan error pada printer tentunya tidak akan bisa dihindari. Oleh karena itu penting bagi kita sebagai pengguna untuk memiliki sedikit pengetahuan dasar tentang pemecahan masalah printer guna menghindari kerusakan serta penundaan pada saat mencetak. Printer multifungsi seperti Canon PIXMA ip2770, mp237, g2000, mp287, mp280, mp258, mp250, b200, dan e510 yang umumnya menjadi salah satu contohnya merupakan jenis mesin printer yang lebih rentan terhadap error karena interior mesinnya lebih kompleks. Dibawah ini adalah beberapa kesalahan umum Printer Canon PIXMA sebagaimana yang disebutkan dan Cara Mengatasinya ;

Berbagai Kode Error Printer CANON dan Cara Mengatasinya
pixabay.com

Penyebab Error di Printer Canon PIXMA dan Cara Memperbaikinya

Error 02-03 

Penyebab munculnya kode error 02-03 ini muncul dikarenakan masalah kertas. Hal tersebut berarti Kertas Macet (Paper Jam), Rol Kertas tidak bisa bergerak (Paper Roller is Not Picking Up), Printer Tidak Mendeteksi Kertas (Printer Detects No Paper).

Cara Mengatasinya ;
Mulai dari tengah tekan resume printing, pada saat mengeluarkan kertas yang macet, hindari menarik kertas yang macet dari cover depan tempat kertas keluar (front cover), namun sebaliknya tarik kertas dari tempat baki kertas atau tempat menaruh kertas (paper tray). Dan jika adan sejumlah kertas yang anda masukkan ke dalam baki macet, maka mulailah tarik kertas satu persatu yang berada di tengah dan jangan sekaligus.

Bersihkan rol kertas (paper rollers) secara berkala, rol kertas memang perlu diganti dan dibersihkan, apapun alasannya. Sebelum mulai mencetak dan anda merasa memang telah lama menggunakan Printer Canon, maka lakukan pengecekan pada terhadap rol kertas apakah sudah aus atau kotor. Pastikan pula sebelum mulai mencetak, posisi kertas telah sejajar dan tidak miring.

Muat ulang kembali kertas yang anda masukkan ke dalam baki dan restart printer anda. Periksa ukuran dan jenis kertas serta kapasitas maksimum jumlah kertas sebelum anda muat ulang kertas kembali ke dalam baki atau wadah kertas sebelum dicetak.


Error 05

Penyebab munculnya kode error 05 ini bermula dari kartrid tinta printer Canon tidak terpasang dengan benar, kartrid printer yang salah pasang, serta print head yang tidak terdeteksi oleh printer itu sendiri. Anda akan melihat cahaya lampu berwarna orange seperti alarm di Canon PIXMA yang berkedip dan menyala terus sebanyak 5 kali.

Cara Mengatasinya ;
Cabut lalu pasang kembali kartrid tinta Printer Canon anda, bila anda menggunakan multicolor, pastikan tiap-tiap kartrid terpasang di kompartemennya sesuai petunjuk. Berikutnya, anda bersihkan kartrid tinta, bila print head nya tidak terdeteksi, hal ini berarti mungkin saja kartrid tinta sedang kotor atau sedang tersumbat. Setelah anda bersihkan lalu anda pasang lagi.

Berikutnya, anda pisang atur kembali penghitung (counter). Hasil halaman kartrid yang terpantau melalui penghitung pintar (smart counter). Pada saat telah mencapai jumlah halaman maksimal, terlepas dari apakah kartrid masih memiliki tinta atai tidak, maka Printer Canon anda akan menunjukkan level tinta rendah (low ink level) dan berhenti sampai pergantian yang baru telah terpasang.

Namun, bila anda dapat telah melewatinya dengan mengatur ulang penghitung tadi, tergantung pada model printer yang seperti apa kepunyaan anda untuk anda dapat mengatur ulang fungsi dan penghitungnya sesuai dengan instruksi yang ada.


Error 5100

Penyebabnya bersumber dari kesalahan layanan (Service Error). Printer Canon kepunyaan anda mungkin mengalami kesulitan pada saat mengambil kertas dikarenakan adanya benda asing yang menyumbat. Sehingga printer anda akan berkedip (blinking) terus bisa sebanyak 3 kali, 4 kali, 5 kali, hingga 7 kali dan bisa saja mengakibatkan ngeprint menjadi lambat.

Cara Mengatasinya ;
Matikan printer dan lepaskan semua kabelnya. Lalu anda hubungkan kembali kabel dan nyalakan kembali, tunggu hingga printer siap sepenuhnya kemudian jalankan tes cetak (test print). Berikutnya, anda bisa lepaskan sumbatan atau benda asing bila printer anda baru. Bisa saja, sumbatan atau pita berwarna orange (orange tape) mungkin masih terpasang, cabut secara perlahan-lahan dan periksa lagi printer anda.

Jika terdapat benda asing yang menyumbat, matikan dan cabut printer anda sebelum mencari objek yang menjadi sumber kerusakan pada printer anda. Perlu anda ketahui bahwa Printer Canon PIXMA memiliki dua lampu kesalahan yang akan berkedip tipa kali terdapat kerusakan atau masalah.

Bila terdapat lampu orange yang berkedip maka biasanya terdapat kesalahan layanan, namun bila lampu hijau untuk masalah yang lain. Pelajari secara mendalam kesalahan (error) ini serta bagaimana solusinya, agar dapat mempertahankan kinerja printer anda menjadi lebih optimal.


Error 1401

Penyebab munculnya error 1401 pada Printer Canon berupa tulisan The Following Ink Cartridge Cannot Be Recognized Black, dikarenakan kartrid hitam yang terpasang di rumah kartrid printer tidak rapi. Bila muncul tulisan The Following Ink Cartridge Cannot Be Recognized Colour itu berarti kartrid warna anda tidak terpasang dengan rapi juga di rumah kartrid nya.

Cara Mengatasinya ;
Pastikan anda periksa kembali kartrid yang terpasang, agar benar-benar telah terpasang dengan rapi dan pas di dalam rumahnya, lalu periksa di bagian chip dan print head karena kemungkinan ada sebagian tinta yang meluap atau meluber karena diisi kepenuhan.


Error 1300

Penyebabnya dikarenakan kertas yang digunakan untuk mencetak tersangkut di rol printer sehingga menyebabkan munculnya kode error 1300 yang ditandai dengan munculnya lampu berwarna orange secara terus menerus atau bisa jadi karena sensor kertas kotor.

Cara Mengatasinya ;
Anda cukup keluarkan atau tarik kertas yang tersangkut di rol printer dan membersihkan sensor kertas serta menggantinya dengan yang baru bila dirasa tidak normal lagi berfungsi.


Error 009

Penyebab munculnya kode error ini biasanya pada saat anda mengubah tinta kartrid anda menjadi tinta infus, sehingga setiap kali anda akan mulai mencetak dengan maka kode error ini akan terus menerus muncul sebelum akhirnya anda mengubah kembali tinta kartrid anda ke semula. Hal ini pula ditandai dengan munculnya pemberitahuan Empty Ink dari mulai warna hitam duluan, atau bisa juga keduanya tinta warna hitam dan tinta berwarna juga.

Cara Mengatasinya ;
Setelah anda mengubah kembali status kartrid anda dari tinta kartrid infus menjadi kartrid tinta biasa, dengan cara membeli kartrid baru lagi. Kemudian, anda buka cover printer sambil dinyalakan printernya dan perhatikan pergerakan roller katrid di dalamnya dari kiri ke kanan secara seksama hingga roller katridnya menjadi diam. Kemudian anda tekan tombol Stop atau Reset selama beberapa detik lalu lepaskan.


Error 5B01

Penyebab munculnya kode error ini dikarenakan terdapat tinta kartrid yang anda suntikkan meluber atau meluap dari wadah kartridnya sehingga muncul pemberitahuan pada layar bahwa penyerapnya menjadi penuh dan perlu diganti serta disarankan untuk menghubungi teknisi berkualifikasi.

Cara Mengatasinya ;
Pastikan printer Canon anda dimatikan terlebih dahulu, lalu anda tekan dan tahan tombol resume beberapa detik, berikutnya lepaskan tombol resume diikuti dengan menekan dan menahan kembali tombol power. Kemudian, anda tekan tombol resume sebanyak 5 kali.

Setelah anda tekan tombol resume kali ke 5, diikuti pula dengan mencoba melepaskan tombol power. Bila anda telah melakukannya dengan benar maka secara otomatis, lampu resume dan power yang berkedap kedip terus akan berhenti.


Error 6000

Penyebab munculnya kode error ini dikarenakan sensor encoder pada katrid yang terpasang pada Printer Canon anda mengalami kerusakan dan tidak sensitif lagi.

Cara Mengatasinya ;
Pertama-tama anda matikan terlebih dahulu printer anda melalui tombol power serta cabut daya listriknya melalui kabel. Diamkan printer beberapa saat, setelah anda rasa cukup coba anda colokkan kembali kabelnya serta tekan tombol power untuk menghidupkannya kembali. Selanjutnya, siapkan air rebusan untuk merendam katrid printer anda.

Buka kartrid printer anda, dan celupkan ke dalam air rebusan yang masih hangat tadi dalam waktu yang tidak terlalu lama, batas waktunya bisa anda lihat bila tinta yang terdapat didalam kartrid tinta mengurai. Kemudian, anda angkat dan keringkan kembali kartrid tersebut, sambil di usap secara lembut.


Error 5B00

Penyebab munculnya kode error ini sistem memori yang terdapat di mainboard Printer Canon anda telah penuh, sehingga diharuskan untuk di reset menjadi nol kembali.

Cara Mengatasinya ;
Solusi untuk menghilangkan kode error ini diperlukan sebuah tools yang disebut dengan Services Tool v3400. Berikutnya silahkan masuk ke Safe Mode terlebih dahulu untuk memulai reset printer. Bagi anda yang masih bingung bagaimana masuk ke dalam safe mode tersebut dalam mengikuti langkah-langkah dibawah ini ;

Matikan Printer Canon anda, berikutnya tekan dan tahan tombol resume selama beberapa detik diikuti dengan menekan dan menahan tombol power juga selama beberapa detik. Kemudian, masih menekan tombol power tadi, anda lepaskan tombol resume dan tekan tombol resume lagi sebanyak 5 kali. Selanjutnya, anda lepaskan kedua tombol tersebut, dan lihat lampu warna orange harus berubah menjadi warna hijau dan anda akan melihat di layar komputer pemberitahuan berupa terdeteksi driver baru. Maka printer canon anda sudah dalam safe mode.

Di tahap berikutnya ini, anda diwajibkan menggunakan software yang dinamakan Services Tool v3400. Setelah anda download, ekstrak filenya dan ubah ekstensinya menjadi Services Tool v3400.exe. Lalu, siapkan kertas sebanyak 5 lembar dan jalankan softwarenya. Anda bisa klik opsi no.1 s.d 3 lalu anda restart kembali Printer Canon anda dengan menekan tombol Power.


Error 1700

Penyebab munculnya kode error ini hampir sama dengan penyebab munculnya kode error Error 5B01, Error 5B00, dan Error 6000. Yang mana anda akan melihat pemberitahuan berupa tulisan The Ink Absorber is Almost Full. Press the printers's Start button to continue printing. Contact the service center. 

Cara Mengatasinya ;
Pertama, setting Printer Canon anda ke Service Mode. Caranya pastikan printer canon anda dalam keadaan mati namun listrik tetap terpasang. Berikutnya, anda tekan dan tahan tombol Stop/Reset selama beberapa detik, dilanjutkan dengan menekan tombol Power. Sembari anda menekan tombol Power, tekan lagi tombol Stop/Reset sebanyak 5 kali.

Setelah itu, anda lepaskan kedua tombol tersebut. Maka anda akan melihat lampu kuning/orange berubah menjadi warna hijau, dan komputer/PC anda akan mendeteksi software baru yang muncul di bagian kanan bawah (icon taskbar), dapat dilihat melalui layar.

Sama seperti cara mengatasi kode error yang sebelumnya diatas, kali ini untuk menghilangkan kode error 1700 ini harus menggunakan software Services Tool v3400. Setelah anda download, ekstrak filenya dan ubah ekstensinya menjadi Services Tool v3400.exe. Lalu, siapkan kertas sebanyak minimal 2 lembar dan jalankan softwarenya.

Kemudian anda pilih opsi Clear Ink Counter di Absorber. Berikutnya pilih Main dan klik SET. Maka printer akan bereaksi dengan mencetak lembaran pada kertas yang telah disiapkan dengan tulisan D=000.0. Berikutnya, klik TEST PRINT untuk menguji apakah printer canon anda berfungsi atau tidak.


Error 5011

Penyebab munculnya kode error ini bila fitur scanner yang terdapat di printer canon tidak berfungsi dengan baik. Ditandai dengan pergerakan scan pada saat melakukan scanning yang tidak rapi, dikarenakan mainboard printer di bagian scanner yang rusak sehingga harus dibersihkan atau diganti dengan yang baru.

Cara Mengatasinya ;
Anda bisa melakukan langkah pertama untuk mengatasi scanner yang mengalami gangguan atau kerusakan dengan membersihkannya dengan menggunakan bahan yang halus. Periksa kembali kabel data scanner apakah ada yang putus atau bergeser. Memang langkah yang paling utama untuk mengatasi munculnya kode error ini ialah dengan mengganti blok scanner pada printer canon dengan yang baru.


Error 5200

Penyebab munculnya kode error ini diakibatkan karena bila printer canon anda terlalu banyak mencetak kertas sehingga kertas berhenti ditengah, anda lupa memasukkan kembali kartrid ke dalam tempatnya, dan bisa juga dikarenakan kertas pada wadah printer terlalu banyak dan posisi kertas yang salah sehingga terjadi slip pada kertas tersebut. Sehingga anda akan melihat pemberitahuan berupa A printer error has occured. Turn the printer off and then on again, if doesn't clear the error, see the user's guide for more detail.

Cara Mengatasinya ;
Pertama matikan terlebih dahulu Printer Canon anda namun kabel power dan USB tetap terpasang. Berikutnya, anda tekan dan tahan tombol resume. Lalu, anda tekan dan tahan tombol power hingga anda melihat kemunculan lampu berwarna hijau, pastikan pula tombol resume jangan dilepas dulu. Setelah itu, anda lepas tombol resume namun tombol power tetap anda tekan dan tahan.

Lalu, anda tekan tombol RESUME sebanyak 5 kali berturut-turut hingga lampu orange dan hijau akan berkedip secara bergantian dan terakhir lampu orange. Selanjutnya, anda lepaskan kedua tombol tersebut, dan lampu orange akan berkedip sekali sebenar kemudian setelah itu terakhir lampu hijau yang akan muncul. Tunggu beberapa saat, anda akan melihat pemberitahuan berupa driver terbaru telah terpasang. (Device Driver Software Successfully Installed).


Error 5100

Penyebab munculnya kode error ini, dikarenakan kartrid tinta yang tidak terdeteksi terpasang di printer canon dan munculnya juga bisa juga dikarenakan selang infus yang terpadang di kartrid tidak terpasang rapi, oleh karena terlalu pendek atau terlalu panjang, sehingga pergerakan kartrid saat mencetak menjadi terhambat dan terbatas/tidak jalan, outputnya garis pada kertas menjadi tidak lurus/tidak bergaris/tidak terbaca.

Cara Mengatasinya ;
Anda hanya cukup membersihkan konektor yang terdapat di kartrid menggunakan tisu halus. Caranya, anda keluarkan kartrid dari printer canon anda, bersihkan, lalu anda pasang kembali dan tutup cover depan printer. Berikutnya, lakukan test print out.

Jika ternyata masih muncul kode error ini, langsung saja matikan printer dengan menekan tombol power dan cabut kabel power serta kabel data, tunggu beberapa saat (maks. 5 menit). Setelah selesai, pasang kembali semuanya dan nyalakan printernya.

Sekian Penjelasan Singkat Mengenai Berbagai Kode Error Pada Printer Canon dan Cara Mengatasinya. Semoga Bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel