Cara Kirim Pesan Terjadwal dan Balas Pesan Otomatis di Whatsapp

masfery.com - Whatsapp telah menjadi aplikasi pesan yang sederhana dan telah memiliki banyak fitur, fitur tersebut tidak hanya mengirim teks dan gambar dengan resolusi asli, danjuga bisa mengirim lokasi terkini anda langsung ke teman-teman yang ada di dalam kontak whatsapp. Namun ada fitur lain yang belum di miliki oleh whatsapp diantaranya mengirim pesan terjadwal serta mengatur balasan pesan secara otomatis.


Jadi di dalam artikel ini, anda akan melihat tentang bagaimana cara menjadwalkan pesan dan membalas pesan otomatis di Whatsapp menggunakan HP Android. Karena fitur ini bukan fitur bawaan maka kita akan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga dalam hal ini dinamakan dengan SKEDit dan AutoResponder untuk WA. SKEDit bisa membantu anda menjadwalkan pesan sedangkan yang terakhir bisa membantu anda membalas pesan Whatsapp secara otomatis.

Cara Kirim Pesan Terjadwal dan Balas Pesan Otomatis di Whatsapp
pixabay.com

Setting Balas Pesan Otomatis di Whatsapp

Setting balas pesan otomatis (auto reply) kali ini akan memanfaatkan keberadaan aplikasi AutoResponder untuk WA yang telah dirilis oleh Play Store sejak Agustus 2017 yang mana hingga saat ini aplikasi tersebut telah mencapai rating bintang 4,4 dari 5 serta telah diunduh sebanyak lebih dari 100 ribu kali. Kelebihan daripada aplikasi ini, bahwa opsi penyesuaiannya yang cukup besar serta tampilan antarmuka yang mudah digunakan. Bisa anda download aplikasinya disini.

Langkah Pertama : Lakukan Pengaturan 

guidingtech.com


Hal pertama yang perlu anda lakukan ialah ketuk opsi ALL untuk mengatur balasan pesan ke semua kontak di Whatsapp anda, atau anda bisa atur juga balasan pesan untuk kontak tertentu saja. Setelah itu, anda bisa masukkan teks yang ingin anda kirim sebagai balasan. Selain itu anda juga bisa menambahkan variabel setelah pesan dibuat, seperti tanggal, waktu, nama, dll. Misalkan penjawab otomatis saya diatur ke Hei! Apa Kabar, [nama] ketika ada seseorang yang mengirimkan anda pesan Halo.

Langkah Kedua : Daftarkan Nama Kontak dan Nama Grup 

guidingtech.com


Daftarkan kontak atau grup dan pastikan namanya harus sama persis dengan yang tersimpan di kontak anda. Cara tersebut merupakan peretasan yang mudah dengan menyalin nama kontak anda dan menempelkannya disini. Pisahkan nama kontak anda dengan koma, demikian pula anda juga dapat menambahkan beberapa kontak yang anda abaikan.

Seperti yang pastinya telah anda duga, AutoResponder untuk WA tidak akan mengirim balasan ke kontak ini. Sebagai catatan kecil saja, bahwa aplikasi ini tidak akan berfungsi terhadap nama grup yang memiliki karakter khusus/unik/aneh.

Langkah Ketiga : Tinggal Duduk Santai Saja

guidingtech.com


Setelah semua pengaturan siap, ketuk ikon centang untuk menyimpannya. Sekarang yang perlu anda lakukan ialah duduk rileks dan biarkan aplikasi yang melakukan tugasnya. Hal terbaik tentang aplikasi AutoResponder untuk WA ini bahwa jika seseorang mengirimi anda beberapa pesan umum seperti Halo, Hai, dll. Anda dapat membiarkan aplikasi ini menangani pekerjaan untuk anda secara otomatis.

Tambahkan sentuhan pribadi berupa nama setelah pesan yang telah anda sortir. Jadi, suatu waktu anda sedang sibuk, buat lah aturan sesuai kebutuhan jam dan biarkan aplikasi mengambil alih anda sesaat. Inilah yang disebut dengan OTOMATIS!


Pesan Terjadwal di Whatsapp

SKEDit merupakan aplikasi penjadwalan pesan yang tidak hanya untuk aplikasi Whatsapp saja tetapi juga untuk beberapa aplikasi dan layanan lain seperti Email, Pesan Teks, dan Facebook. Namun sebelum kita mulai, mari kita bicarakan tentang apa saja kelemahan dari SKEDit sebagaimana aplikasi penjadwal Whatsapp lainnya, aplikasi ini hanya berfungsi selama Ponsel tersebut tidak dilengkapi dengan password.

Bila ponsel tersebut hanya berfungsi bila menggunakan metode gesek pada layar saja, namun tidak berfungsi bila dilengkapi dengan Pola, Pin, atau Kata Sandi. Bila anda telah paham sampai disini, mari kita lanjut ke proses pengaturan berikutnya. Anda bisa download aplikasi ini disini.

Langkah Pertama : Simpan Pesan di dalam Draft

guidingtech.com


Aplikasi SKEDit ini membutuhkan izin akses untuk mulai dijalankan, setelah itu anda bisa atur yang perlu anda lakukan dengan memilih kontak, menyusun pesan di dalam draft, setelah itu tinggal memilih waktu yang tepat.

Langkah Kedua : Minta Konfirmasi Izin dari Anda sebagai Pengguna

guidingtech.com


Setelah melakukan hal itu, anda juga dapat mengatur aplikasi untuk meminta izin kepada anda sebelum pesan mulai dikirim, Geser tombol Ask Me Before Sending namun jika anda tidak menghendaki aplikasi ini untuk memberitahukan peringatan kepada anda, anda tidak perlu menggeser tombol Toggle yang berada di sebelah kanan tersebut.

Setelah semua pengaturan telah disiapkan, aplikasi akan mengirimkan pemberitahuan ketika pesan siap dikirim dan sisa pekerjaan akan ditangani oleh aplikasi otomatis ini. Anda hanya perlu mengetuk KIRIM pada saat aplikasi memberitahu kepada anda bila waktunya tiba. Namun, pengaturan ini sifatnya opsional, dan anda bisa memilih keluar jika mau.

Kedua cara diatas merupakan bagaimana anda bisa mengotomatisasi proses dan menjadwalkan pesan dan balasan pesan secara otomatis di Whatsapp. Mengingat betapa sibuknya kita, maka fitur balasan pesan otomatis ini merupakan anugerah, terutama bagi nomor kontak yang ada agar mereka tidak tersinggung bila balasan pesan tidak terlihat karena tidak membuka aplikasi Whatsapp sama sekali atau tanpa online.


Sekian Penjelasan Lengkap Mengenai Cara Kirim Pesan Terjadwal dan Balas Pesan Otomatis di Whatsapp. Semoga Bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel