Torak Sepeda Motor dan Kelengkapannya

masfery.com - Torak sepeda motor dan kelengkapannya dengan cincin torak berfungsi untuk menghisap dan mengkompresi campuran bahan bakar dan udara di dalam silinder, mengubah tenaga gas selama langkah ekspansi menjadi usaha mekanis, serta menyekat hubungan gas diatas dan dibawah torak. Bagian atas torak dinamakan puncak torak, disebut juga tameng atau dada, bentuknya tergantung pada bentuk ruang bakar, bagian tersebut ditebalkan agar sanggup menampung tekanan gas dan memperbaiki jalannya aliran panas melalui cincin torak.

Torak Sepeda Motor dan Kelengkapannya
Torak Sepeda Motor dan Kelengkapannya

Torak Pada Sepeda Motor

Makin tinggi temperatur di dalam silinder maka makin besar pemuaian torak, panas yang diterima oleh torak harus dapat disalurkan dengan cepat agar temperaturnya tidak melampaui batas yang diizinkan, untuk menghindari pemuaian yang terlalu besar maka bagian puncak torak dibuat berbentuk kerucut. Torak adalah bagian motor yang bergerak lurus secara bolak-balik di dalam silinder.


Kedudukan torak pada Motor Honda Supra X 125, Absolute Revo 110, Vario Techno FI 125, Blade S 110 dan Beat F1

Di Motor Yamaha Mio J Teen, Xeon RC, Jupiter MX 135 LC, Jupiter Z1, Scorpio Z235, Vega ZR, dan Vixion

Pada Suzuki Smash Titan SR, Satria FU 150, Shogun 125 RR, dan Hayate

Motor Kawasaki Ninja 250 R dan Athlete 125 juga, 

Serta Vespa Piaggio ET4, Excel, Excel SM

Kymco Hijau, Terang maupun Hitam

Tepatnya berada pada silinder di dalam ruang pembakaran dan ditopang oleh batang torak, yang meneruskan gerakan torak ke poros engkol. Karena kedudukan torak yang sangat penting, maka torak harus dibuat dari bahan yang memiliki sifat-sifat sebagai berikut :
  1. Ringan
  2. Kuat dan kokoh
  3. Merupakan penghantar panas yang baik
  4. Mempunyai koefisien muai yang kecil
  5. Tahan aus
Biasanya torak dibuat dari besi tuang kelabu, baja tuang, atau campuran aluminium, karena logam-logam ini tahan panas yang tinggi dan lebih tahan terhadap keausan. Torak secara garis besar terdiri dari torak, cincin torak, dan batang torak. Ruang silinder diatas torak harus betul-betul tertutup rapat untuk mencapai keadaan tersebut dipergunakan cincin torak yang dipasang pada torak. 

Cincin-cincin torak juga bertugas membantu mendinginkan torak karena ia menyalurkan sejumlah panas dari torak ke dinding silinder. Menurut fungsinya cincin torak terdiri atas cincin kompresi dan cincin minyak. Batang torak berfungsi menghubungkan torak dengan poros engkol, jadi batang torak meneruskan gerakan torak ke poros engkol, pada ujung batang torak yang kecil dipasang pena torak.

Fungsi poros engkol adalah mengubah gerakan torak menjadi gerakan putar mesin dan meneruskan gaya kopel (momen gaya) yang dihasilkan motor ke alat pemindah tenaga sampai ke roda. Beban yang bekerja pada poros engkol adalah beban puntir (torsi), beban lengkung (bengkok), dan beban sentrifugal.

Untuk motor 4 takt dilengkapi dengan katup yang berfungsi untuk menutup dan membuka saluran hisap waktu pengisian campuran bahan bakar dengan udara murni dari karburator dan saluran buang untuk mengeluarkan gas buang yang sudah tak terpakai. Pegas katup berfungsi untuk menutup katup sesuai dengan gerak tuas ungkit ketika kam membuka katup. Kam ialah bagian mekanisme katup yang berfungsi untuk mengubah gerak putar menjadi gerak lurus pada katup, atau dapat juga dikatakan sebagai alat untuk mengatur saat pembukaan katup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel