Begini Tutorial Membuat Foto Bokeh Yang Kece

masfery.com - Bagi penggemar fotografi atau Anda yang gemar berswafoto, kamera menjadi hal yang sangat penting. Dengan kamera, para penggemar fotografi dapat membuat foto dengan objek dan background yang beragam, sedangkan Anda yang gemar berswafoto dapat membuat foto dengan banyak gaya dan ekspresi.

Begini Tutorial Membuat Foto Bokeh Yang Kece


Agar hasil foto semakin kece, Anda membutuhkan perangkat yang mumpuni. Sayangnya, untuk menggunakan perangkat-perangkat tersebut, Anda harus merogoh kocek yang sangat dalam. Tetapi berkat kemajuan teknologi, Anda dapat membuat foto yang kece hanya dengan menggunakan smartphone.

Saat ini, sudah banyak smartphone dengan kamera yang canggih, baik dari jumlahnya, tingkat resolusinya, hingga fitur-fiturnya. Misalnya saja, Vivo V17 Pro dengan 4 kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 48 MP, 13 MP, 8 MP, dan 2 MP serta 2 kamera depan pop-up yang masing-masing memiliki resolusi 32 MP dan 8 MP.

Ada juga Vivo Z1 Pro dengan 3 kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 16 MP, 8 MP, dan 2 MP serta 1 kamera depan yang memiliki resolusi 32 MP.
Dengan smartphone berkamera canggih seperti itu, Anda dapat membuat foto yang kece, seperti foto bokeh.

Sudah Tahu Apa Itu Foto Bokeh?

Kata “bokeh” berasal dari Bahasa Jepang yang berarti blur. Jadi, foto bokeh adalah foto yang lebih memperlihatkan atau menonjolkan objek terdekat dengan kamera dan membuat background-nya terlihat blur atau tidak fokus.

Foto bokeh yang kece diminati oleh banyak pengguna smartphone memiliki beberapa kelebihan, di antaranya:

  1. Akan Memperlihatkan Atau Menonjolkan Objek UtamaDengan foto bokeh, mata akan langsung melihat dan fokus pada objek utama secara otomatis.
  2. Dapat Menghilangkan Bagian Yang Tidak Diperlukan. Terkadang saat berfoto, ada bagian-bagian yang tidak diperlukan dan cukup mengganggu. Cara yang paling tepat untuk menghilangkannya adalah dengan bokeh.
  3. Dapat Menambah Nilai Estetika Foto. Selain dapat menghilangkan bagian yang tidak diperlukan, bokeh juga dapat menambah nilai estetika foto sehingga akan semakin indah.

Membuat Foto Bokeh Yang Kece

Membuat foto bokeh dapat Anda lakukan dengan menggunakan smartphone apa saja, termasuk Vivo. Adapun tutorial membuat foto bokeh yang kece dengan smartphone adalah sebagai berikut.


1. Mendekatlah Dengan Objek Foto

Untuk membuat foto bokeh, objek yang dituju harus memenuhi frame sehingga Anda harus mendekat pada objek tersebut. Aturlah jarak antara objek foto dengan kamera smartphone kurang lebih 1,5-2,5 meter serta jarak antara objek foto dengan background. Semakin jauh background, foto bokeh akan semakin kece.


2. Gunakanlah Fitur Fokus Secara Manual Atau Tap Objek Foto

Untuk membuat foto bokeh, Anda juga dapat mengatur jarak kamera dan tingkat ke-blur-an foto dengan fitur fokus secara manual. Selain itu, Anda juga dapat melakukan tap pada objek yang akan difoto.


3. Gunakanlah Fitur Lens Blur Yang Ada Pada Google Camera

Anda juga dapat menggunakan fitur Lens Blur yang ada pada Google Camera untuk membuat foto bokeh yang kece. Hal yang harus Anda lakukan adalah membuat jarak kurang lebih 1,5 meter dari objek foto, kemudian gerakkan smartphone secara perlahan ke atas. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pendukung lainnya yang di-download dari Google Play.


4. Gunakanlah Komposisi Rule Of Third

Dengan menggunakan Rule of Third, Anda harus meletakkan objek foto di posisi yang tepat, yaitu di garis vertikal, baik di sisi kiri maupun di sisi kanan, kemudian sisakan sisi lainnya untuk background.


5. Hindari Background Yang Ramai Dan Memiliki Banyak Objek Foto

Agar foto bokeh semakin kece, Anda harus menghindari background yang ramai dan banyak objek. Jika ingin membuat foto bokeh bersama teman, lebih baik berfoto bersama 2-3 orang saja.
Meskipun hanya dengan smartphone, Anda dapat membuat foto bokeh yang kece dengan tutorial di atas. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel