Cara Menghubungkan 1 Router 1 Switch dan 2 PC

masfery.com - Perkembangan teknologi membuat semakin beragamnya inovasi yang banyak memberikan kemudahan pada manusia. Teknologi pun membuat kualitas jaringan komputer semakin baik dengan adanya software yang semakin bermanfaat terutama di dunia kerja dan pendidikan. Waktu menjadi lebih fleksibel dan pekerjaan lebih cepat diselesaikan.  Semua itu butuh inovasi terbaik agar tercipta hasil maksimal. Teknologi pun mengajarkan pada Anda bagaimanakah cara menghubungkan 1 router 1 switch dan 2 PC.

Cara Menghubungkan 1 Router 1 Switch dan 2 PC


Adapun cara yang bisa Anda gunakan adalah seperti di bawah ini:

1. Pertama kali yang harus Anda lakukan adalah login pada sistem baru memilih device yang letaknya berada tepat di bagian kiri posisi bawah. Apabila Anda hendak memberikan keterangan bisa dengan place note yang bisa Anda jumpai di bagian kanan. Lalu coba hubungkan satu per satu secara bertahap agar hasilnya bisa lebih baik dan berkualitas. Berikutnya yang dilakukan adalah melakukan konfigurasi pada setiap PC. Apabila untuk PCo Anda bisa melakukan konfigurasi dengan mengklik tepat pada PC0 dan POC1. Apabila sudah selesai kliklah IP configuration kemudian coba masukkan. Setelah itu masukkan IP address, subnet mask serta default gatewaynya. Jika sudah klik tanda silang (X).

2. Pada PC1 cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut. Cobalah klik pada PC 1 kemudian pilihlah tab dektop dan coba klik melalui IP Configuration . Jangan lupa untuk tahapan ini adalah dengan menyertakan IP address, subnet untuk masuk beserta denga subnet masuk serta default gatewaynya.

3. Baru kemudian Anda klik pada PC 0 kemudian pilih tab Desktop dan cari IP Configuration baru klik.Masukkan kembali seperti IP address, subnet mask serta default gatewaynya  klik tanda silang (X).

4. Akan terlihat mulai adanya konfigurasi PC 0 dan PC 1.

5. Apabila semua sudah rapih barulah membuat vlan ID yang bisa Anda lakukan melalui Command Line Interface (CLI) pada switch 0. Adapun tahapan yang bisa dilakukan adalah   kliklah pada switch 0 kemudian Anda pilih tab CLI.

6. Barulah kemudian Anda mencari router dan pilihlah tab CLI dan ketiklah perintah pada sistem tersebut.

7. Ketika Anda sudah melalui satu persatu tahapan maka untuk yang berikutnya adalah dengan mulai mengecek setiap PC yang masuk dalam satu jaringan VLAN yang sesuai dan jangan lupa untuk melakukan juga ping PC yang bisa Anda lakukan dengan melihat jaringan VLAN lainnya. Pinglah mulai dari PC 0 ke PC 1 yang masuk di dalam satu VLAN baru kemudian pada VLAN yang berbeda. Dalam hal ini kejelian saat, memeriksa suatu jaringan

Dengan adanya software cara menghubungkan 1 router 1 switch dan 2 PC yang bisa merangkai antara jaringan yang satu dengan jaringan lainnya pada komputer akan menjadi peluang bagi siapa saja. Komponen yang dibutuhkan dalam jaringan komputer bisa seperti:

  1. Kabel LAN bisa dalam bentuk console, cross over.
  2. Switch
  3. Router, dan lain-lain.

Ada baiknya bagi Anda yang masih pemula cobalah untuk belajar dengan rutin merancang jaringan komputer untuk tahu cara menghubungkan 1 router 1 switch dan 2 PC jangan pernah untuk mengalah. Semua itu akan dimulai dari adanya perencanaan, setting alat, merencanakan konfigurasi dan kemampuan untuk menganalisa suatu permasalahan yang ada. Jika semuanya sudah dilakukan dengan baik tinggal menunggu hasilnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel