Dampak Negatif Dalam Penggunaan Komputer Yang Berkaitan Dengan Keselamatan Kerja

masfery.com - Perkembangan teknologi memberikan dampak yang luar biasa bagi kehidupan masyarakat di muka bumi ini. Komputer menjadi salah satu barang hasil dari kemajuan teknologi yang memberikan pengaruh terutama pada kualitas kerja. Sayangnya kehadiran komputer tidak hanya memberikan efek positif namun dampak negatif dalam penggunaan komputer yang berkaitan dengan keselamatan kerja pun harus mendapatkan perhatian yang serius.

Dampak Negatif Dalam Penggunaan Komputer Yang Berkaitan Dengan Keselamatan Kerja


Penggunaan komputer terutama untuk perkantoran dan dunia industri sudah tidak bisa dihindari. Sangat penting dan wajib diwaspadai ketika menggunakan komputer bagi kesehatan Anda. Terutama bagi Anda yang rutinitasnya harus menggunakan komputer dalam waktu lama dan bertahun-tahun tanpa Anda sadari akan menimbulkan permasalahan, seperti:

  1. Sakit leher, punggung. Siapa pun bisa merasakan sakit leher dan punggung ketika dalam waktu lama di depan komputer. Ada baiknya Anda beristirahat dan meregangkan persendian agar kondisi di atas bisa diminimalisasi.
  2. Sakit kepala. Sakit kepala bisa saja terjadi sebagai akibat dari rutinitas Anda bekerja di depan komputer. Aktivitas tersebut kadang kala membuat lupa makan atau deadline yang ketat membuat Anda stress sehingga berakibat pada sakit kepala Anda. Jika ini dibiarkan terus menerus akan berefek pada penyakit yang lebih serius.
  3. Kesehatan mata. Mata menjadi kunci Anda mengerjakan pekerjaan di depan komputer di mana kualitas mata yang sehat akan membuat pekerjaan menjadi lebih cepat diselesaikan. Sayangnya terlalu lama di depan komputer akan berpengaruh pada kesehatan mata. Diantara yang akan timbul seperti mata perih, berair, bahkan kurangnya ketajaman mata bisa saja terjadi pada Anda.
  4. Sakit di sekitar lengan, pergelangan tangan. Lengan akan lebih mudah lelah sehingga pergelangan tangan pun akan lebih kaku karena kelelahan mengerjakan tugas dalam waktu lama. 
  5. Tidak hanya itu penggunaan komputer yang terus menerus pun jika tidak memperhatikan baik kebersihan dan pemeliharaan akan menimbulkan efek yang  tidak baik, seperti komputer meledak, terbakar, di tempat kerja. Kondisi tersebut karena kurangnya pemeliharaan yang rutin pada komputer yang biasa digunakan.

Sebaiknya perhatikan kondisi fisik Anda ketika bekerja di depan komputer dan perhatikan pemeliharaan komputer agar komputer tetap aman digunakan saat bekerja. Dampak negatif dalam penggunaan komputer yang berkaitan dengan keselamatan kerja di atas sewaktu-waktu bisa terjadi pada siapa pun juga. Sebaiknya dari awal Anda harus lebih memperhatikan dan menjaga keselamatan kerja dengan sebaik mungkin. Ada baiknya terkait keselamatan kerja Anda harus memperhatikan beberapa faktor penting, seperti:


1. Fisik

Kondisi kerja yang menuntut kualitas dan kuantitas di satu sisi akan memberikan dampak yang kurang baik jika tidak disikapi dengan baik. Sebagian orang lupa untuk makan atau beristirahat demi mengejar target menyelesaikan pekerjaan yang harus diselesaikan. Sebaiknya mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menjaga istirahat fisik menjadi kunci keselamatan kerja Anda.


2. Perilaku

Perilaku pekerja dalam dunia kerja akan menjadi penentu keberhasilan dan keselamatan ketika bekerja. Ada baiknya sebagai pekerja harus mempunyai kebiasaan yang baik terhadap sesama rekan kerja maupun kualitas kerja.

Perhatian pada keselamatan kerja ini pun untuk menghindari kecelakaan kerja di mana kecelakaan tersebut terjadi karena kurangnya perhatian pada:

  1. Perbuatan manusia yang tidak memperhatikan keselamatan kerja.
  2. Lingkungan yang tidak kondusif sehingga akan berakibat pada terjadinya kecelakaan yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu. 

Jadi alangkah bagusnya selalu bijak dalam penggunaan kompurter ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel