Makalah Komunikasi Data Dan Jaringan Komputer

masfery.com - Perkembangan teknologi memberikan dampak yang luar biasa pada semua orang. Komunikasi pun menjadi semakin mudah dengan hadirnya komputer di masyarakat sehingga antara komputer yang satu dan sesama user bisa berkomunikasi dan bertukar data. Terutama bagi pekerja baik di pabrik, perusahaan, dan lain-lain sangat merasakan besarnya manfaat dari teknologi komputer. Komputer bisa saling terhubung satu sama lain harus memiliki jaringan transmisi dengan bantuan adanya kabel atau tanpa kabel. Pada makalah komunikasi data dan jaringan komputer akan membahas lebih lanjut terkait hal tersebut.

Makalah Komunikasi Data Dan Jaringan Komputer

Komunikasi Data

Komunikasi data merupakan suatu kegiatan baik mengirim maupun menerima sehingga terjadi pertukaran baik informasi maupun data dengan menggunakan media seperti komputer, printer, laptop. Di  mana satu sama lain harus saling terhubung agar bisa berjalan dengan baik, dengan adanya jaringan yang stabil. Bantuan internet akan sangat berpengaruh agar komunikasi data bisa berjalan dengan maksimal. Komponen yang harus ada pada komunikasi data terdiri dari:

  1. Pengirim merupakan media yang berfungsi untuk mengirimkan data baik seperti komputer, handphone, dan lain-lain.
  2. Penerima adalah suatu media yang mendapatkan baik data maupun informasi  yang bisa dalam bentuk suara, gambar, video dari komputer maupun alat lainnya yang sejenis.
  3. Transmisi menjadi media yang bisa dalam bentuk kabel, gelombang magnetic yang membatu mengirimkan data maupun informasi.
  4. Protokol adalah aturan yang harus saling bekerja sama sehingga satu sama lain bisa saling terhubung. Sehingga terjadilah komunikasi antara satu sama lain. 


Diharapkan dengan adanya komunikasi data ini akan tercapainya tujuan komunikasi data untuk:

  1. Terjadinya proses mengirim data yang jauh lebih banyak dan bisa dilakukan dengan baik dan efisien antara satu sama lain.
  2. Menggunakan peralatan yang mendukung pada sistem komputer meskipun dari jarak yang jauh.
  3. Pemakaian komputer yang bisa dilakukan meskipun tersebar ataupun terpusat sebagai fungsi untuk mengendalikan kegiatan manajemen.
  4. Percepatan dalam menyebarkan informasi terutama untuk kondisi penting.
  5. Lebih efisiensi waktu saat mengolah data sehingga bisa lebih cepat menyelesaikannya.
  6. Memberikan kemudahan sehingga bisa mendapatkan informasi secara langsung dari pusatnya.


Jaringan Komputer

Jaringan komputer menjadi jaringan antara dua komputer atau lebih di mana satu sama lain terhubung karena adanya komunikasi pada sistem yang ada. Diharapkan dengan adanya jaringan komputer yang memadai akan memberikan manfaat sehingga:

  1. Jaringan akan sangat membantu untuk memberikan informasi terkini pada penggunaannya.
  2. Terjadinya percepatan sehingga data sharing bisa di lakukan satu sama lain.
  3. Manajemen akan lebih mudah dan efisien dalam melaksanakan pekerjaannya.
  4. Kegiatan untuk melayani klien pun bisa lebih dimaksimalkan.


Semua itu bisa Anda cantumkan dalam makalah komunikasi data dan jaringan komputer agar pemahaman terkait komputer akan lebih menambah wawasan dan pengetahuan. Keuntungan yang bisa Anda rasakan dari adanya jaringan komputer tersebut akan memberikan kemudahan:

  1. Membackup data sebagai upaya untuk menyelamatkannya apabila terjadi kerusakan yang tidak bisa dihindari.
  2. Dalam bertransaksi sehingga bisa dilakukan di tempat lain meski lokasinya berbeda dengan pengolahan data.
  3. Menjadi pengendali utama dari berbagai sumber daya yang lokasinya berbeda.
  4. Lebih memberikan optimalisasi sehingga seluruh sumber daya yang ada bisa dimanfaatkan secara bersama-sama.

Diharapkan dari makalah komunikasi data dan jaringan komputer ini bisa memberikan informasi yang lebih baik lagi bagi pembacanya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel