Manfaatkan Komponen Penyusun Komputer Dengan Maksimal

masfery.com - Komputer adalah alat elektronik yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, satu sama lain komponen yang ada pada komputer memiliki keterkaitan untuk bekerja sama agar bisa berfungsi dengan baik. Komputer bisa untuk memberikan informasi pada penggunanya, menerima data, mempunyai kemampuan untuk mengolah data menjadi lebih baik. Semua fungsi tersebut sudah dengan baik terkoordinasi di dalam kontrol program di mana semuanya akan disimpan pada memori komputer. Komputer yang saat ini biasa Anda gunakan tersebut terdiri dari struktur yang saling berkaitan dan komponen penyusun komputer.

Komponen Penyusun Komputer


1. Input Device

Merupakan perangkat keras yang ada pada komputer di mana perangkat tersebut mempunyai fungsi untuk menyampaikan data yang ada pada memori komputer. Data akan tersimpan dengan baik seperti alat-alat di bawah ini:

  • Mouse
  • Keyboard


2. Prosesor

Inilah perangkat penting dalam komputer di mana semua kegiatan yang terjadi pada komputer akan dikelola dengan baik. Adapun prosesor ini memiliki dua bagian:

  • Control Unit menjadi komponen yang mengendalikan semua perangkat yang ada baik dari input device ke output device.
  • Arithmetic Logic Unit berfungsi untuk mengolah semua data baik aritmatika dan data logika.


3. Memori

Komponen ini sebagai alat yang digunakan untuk menyimpan semua data pada komputer Anda. Adapun memori pada komputer terdiri dari dua:

  • Read Only Memory (ROM) ini sayangnya hanya bisa dibaca sedangkan untuk merubah dan menghapusnya tidak bisa dilakukan. Seiring perkembangan teknologi ROM pun mengalami banyak perbaikan sehingga jenisnya semakin banyak seperti RPROM, EPROM, PROM, EEPROM.
  • Random Access Memori (RAM) ini bisa untuk menyimpan data untuk waktu sesaat apabila komputer dimatikan maka data tersebut akan hilang. Untuk menghindari kejadian tersebut Anda membutuhkan alat menyimpan data. Harddisk, PCMCIA card, dan lain-lain bisa menjadi alat yang digunakan untuk menyimpan data tersebut.


4. Output Device

Perangkat ini sangat membantu kegiatan Anda sebagai tahap akhir untuk mengeluarkan baik dalam bentuk softcopy, hardcopy atau bisa juga dalam bentuk suara. Alat tersebut bisa dalam bentuk speaker, plotter, printer, dan lain-lain.

Komponen penyusun komputer tersebut terdiri dari tiga komponen utama, yaitu:


1. Software (Perangkat Lunak)

Program yang bisa membantu Anda untuk melakukan suatu pekerjaan pada komputer di mana program ini sangat bermanfaat untuk menjalankan kegiatan. Anda bisa menjumpai software ini dalam kehidupan sehari-hari seperti, Unix, DOS Linux, Novell, Norton, Scandisk,Utility, PC Tools,GL, Payroll , MYOB Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia, PHP, ASP, Visual Basic , dBase, dan lain-lain. Semua software tersebut bahkan sudah biasa Anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari di mana semuanya akan sangat membantu untuk menyelesaikan setiap pekerjaan.


2. Hardware (Perangkat Keras)

Peralatan ini terdiri dari Storage Device, Input/Output Device, Central Procesing Unit, Monitor /Screen,  Monitor, Casing Unit di mana semua peralatan tersebut bisa dilihat secara langsung.


3. Brainware (User)

User ini komponen yang manfaatnya sangat luar biasa karena ikut andil saat penggunaan komputer. Umumnya pada suatu organisasi yang lebih bonafid  komputerisasi memiliki bagian Electronic Data Processing (EDP) yang biasa untuk mengurus setiap permasalahan yang timbul.

Besarnya manfaat baik struktur dan komponen penyusun komputer tersebut membantu setiap aktivitas yang dilakukan selama ini. Pergunakanlah dengan sebaik-baiknya agar bisa memberikan manfaat yang lebih baik pada Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel