Mengukur Kemampuan Seseorang Melalui Soal Essay Perangkat Keras Komputer

masfery.com - Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengukur kemampuan seseorang adalah dengan memberikan soal essay yang terkait pelajaran yang sudah diberikan padanya. Banyak cara yang digunakan untuk mengetahui sudah sejauh mana seseorang bisa memahami pelajaran, seperti memberikan soal-soal yang terkait dengan komputer seperti soal essay perangkat keras komputer. Hasil dari soal tersebut akan menunjukkan sejauh mana usaha Anda sudah belajar untuk meningkatkan pemahaman yang lebih baik lagi.

Soal Essay Perangkat Keras Komputer


Memberikan soal essay memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. 

Kelebihannya:

  1. Setiap orang bisa berpendapat sesuai dengan kemampuannya sendiri sesuai dengan pemahamannya.
  2. Orang akan lebih bisa memberikan jawaban yang lebih logis tanpa harus menerka jawaban seperti halnya pada soal pilihan ganda.
  3. Tingkat kebenaran jawaban lebih bisa dilihat dari jawaban dari soal tersebut.
  4. Tes dengan memberikan soal essay akan lebih memberikan respon sehingga tingkat sejauh mana siswa memahami pelajaran bisa diukur dengan adanya soal tersebut.
  5. Jawaban akan dibuat dengan kemampuannya merangkai kalimat sendiri sehingga kemampuan setiap orang untuk menyusun kalimat yang baik akan lebih mudah terlihat.
  6. Akan lebih mudah untuk menilai kemampuan setiap orang dari kemampuannya memberikan jawaban yang tepat.


Kelemahannya:

  1. Dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk bisa mengoreksi setiap jawaban masing-masing orang. Padahal pada soal lainnya seperti soal pilahan ganda akan lebih cepat Anda mengoreksinya sehingga waktu bisa menjadi lebih efektif.
  2. Lebih sulit untuk memberikan penilaian dengan tepat. Penilaian akan menjadi kunci keberhasilan bagi setiap orang memahami materi yang sudah disampaikan.
  3. Lebih sulit untuk bisa membuat soal yang lebih terstruktur dan sistematis maupun pengakuan dari membuat soal yang baik sesuai standar. Baik menggunakan standar nasional maupun standar internasional.
  4. Lebih sedikitnya bahan yang bisa dijadikan soal untuk dapat lebih lanjut mengetahui sejauh mana penguasaan materi masing-masing orang.


Ada baiknya sebagai pengajar bisa lebih selektif membuat soal essay yang tepat bagi semua siswanya. Kemampuan setiap orang memahami pelajaran harus juga ditunjang dari keahlian pengajar ketika memberikan bahan materi belajar yang mudah dan menyenangkan bagi setiap orang.

Di bawah ini ada beberapa soal essay perangkat keras komputer beserta jawabannya yang bisa menjadi masukan bagi Anda.

  1. Apakah yang Anda ketahui mengenai perangkat keras berikut dengan fungsinya?Jawaban: Perangkat keras atau biasa dikenal dengan hardware adalah salah satu yang terdapat pada bagian fisik pada sebuah komputer. Di mana setiap bagian yang Anda lihat pada komputer satu sama lain memiliki fungsi yang berbeda seperti halnya pada hardware yang dari segi tampilan fisik bisa disentuh dan dilihat wujudnya yang dirangkai menjadi satu kesatuan sehingga dapat dibentuk menjadi komputer.
  2. Perangkat keras apa yang bisa Anda manfaatkan sebagai media untuk mengolah instruksi sehingga terlihat adanya tampilan di layar komputer?

Jawaban: VGA Card ini adalah merupakan penampakan komputer secara analog yang mulai diluncurkan oleh IBM. IBM sebagai perusahaan yang memproduksinya di tahun 1987 menjadi perusahaan yang eksis mengembangkan perangkat komputer bahkan sampai sekarang.

Dari pertanyaan dan jawaban soal essay perangkat keras komputer tersebut bisa Anda kembangkan dengan bahasa sendiri. Dari situlah akan lebih terlihat sudah sejauh apa pemahaman Anda mengenai materi yang sudah disampaikan sebelumnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel