Pemanfaatan Jaringan Komputer Berdasarkan Letak Geografis

masfery.com - Komputer saat ini bukan lagi barang mewah, manfaatnya sudah banyak dirasakan masyarakat mulai dari perkotaan sampai ke pedesaan. Penggunaannya pun sudah beragam baik di sekolah-sekolah sehingga banyak anak-anak yang sudah menggunakan computer baik untuk mengerjakan tugas maupun mencari informasi terbaru saat ini. Satu sama lain jaringan komputer berdasarkan letak geografis akan berbeda sehingga akan sangat berpengaruh pada kecepatan sinyal pada suatu wilayah atau daerah.

Pemanfaatan Jaringan Komputer Berdasarkan Letak Geografis


Pada umumnya, jaringan pada computer ini bisa Anda lihat seperti berikut ini.

1. Local Area Network (LAN)

Local Area Network merupakan jaringan yang paling kecil dari jaringan lainnya. Pada LAN cakupan jaringannya sangat terbatas baik pada gedung dan daerah sehingga tidak bisa diakses dalam jarak yang jauh. Biasanya jaringan hanya bisa diakses dalam lingkup sekitar 200 meter sehingga apabila jarak Anda terlalu jauh maka Anda tidak bisa menggunakannya.

Teknologi LAN yang masih tradisional kecepatannya sangat terbatas hanya berkisar 1 s.d 100 Mbps sedangkan LAN modern memiliki kecepatan yang lebih baik yaitu ratusan Mbps. Penggunaannya pun sangat terbatas hanya pada computer pribadi yang terdapat di pabrik atau kantor yang digunakan untuk kepentingan pribadi dan hanya sebagai pertukaran informasi di dalam lingkungan tersebut.


2. Metropolitan Area Network (MAN)

Cakupan jaringan dari Metropolitan Area Network jauh lebih banyak daripada jaringan Local Area Network. Secara geografis cakupannya bisa menjangkau antara gedung yang satu dengan yang lainnya yang masih terdapat dalam satu wilayah seperti propinsi.

Penggunaan MAN ini pun akan sangat bermanfaat pada sarana penunjang baik untuk suara maupun data sampai dengan jaringan televisi kabel. Bisa digunakan dalam Wide Area Network (WAN)  antara 100 s/d 1.000 km sehingga daya jangkauannya bisa jauh lebih luas.

Contohnya adalah bisa menghubungkan jaringan kecil pada beberapa jaringan dengan jangkauan yang jauh lebih banyak. Anda bisa melihat seperti pada penggunaan Metropolitan Area Network pada kantor cabang bank di mana satu sama lain bisa saling terhubung di dalam satu kota.


3. Wide Area Network (WAN)

Pada Wide Area Network sudah lebih baik lagi akses jaringannya karena sudah memanfaatkan media seperti sarana satelit, kabel serat optic, wireless sehingga jaringannya akan jauh lebih luas penggunaannya. Bahkan jaringan ini bisa meliputi beberapa wilayah bahkan negara lain sehingga informasi yang bisa diperoleh pun akan jauh lebih banyak dan beragam.

Contohnya adalah seperti jaringan pada beberapa bank yang tidak hanya bisa diakses di Indonesia bahkan cabang yang terdapat di luar negeri pun bisa saling terhubung dengan adanya Wide Area Network. Bahkan jaringan ATM beberapa bank yang ada di dunia pun bisa dengan mudah Anda akses ketika berada di luar negeri.

Semakin luas jaringannya membuat Wide Area Network akan jauh lebih sulit proses jaringannya dibandingkan Metropolitan Area Network maupun Local Area Network pada jaringan komputer berdasarkan letak geografis. Sangat dibutuhkan lebih banyak media dan sarana yang bisa menghubungkan jaringan tersebut agar bisa berfungsi dengan baik. Perbedaan yang sangat mencolok diantara jaringan lainnya hanya terletak pada wilayah kerjanya.

Nah kini jaringan komputer berdasarkan letak geografis ini akan sangat menentukan area maupun wilayah jaringan yang bisa Anda gunakan. Semakin luas jangkauannya akan lebih memberikan banyak manfaat dan lebih banyak yang bisa menggunakannya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel