Perakitan Komputer Dengan Cara Mudah Dan Tepat

masfery.com - Perakitan komputer saat ini semakin banyak dilakukan baik merakit komputer untuk kegiatan perusahaan sehingga menghasilkan komputer yang akhirnya dipasarkan. Bagi Anda sebagai pemula pun bisa merakit komputer dengan ilmu dan kemampuan yang Anda miliki. Di mana agar perakitan komputer tersebut tidak hanya bermanfaat untuk Anda namun bagi masyarakat bisa Anda buat dalam bentuk laporan perakitan komputer.

laporan perakitan komputer


Laporan yang sudah dibuat akan sangat berguna, di antaranya adalah:

  1. Sebagai transfer ilmu pengetahuan sehingga orang lain pun bisa mencoba dan mempraktikkannya sendiri.
  2. Menjadi bahan karya ilmiah bagi sebagian orang yang membutuhkannya baik untuk karya tulis maupun bahan praktik.


Laporan ini biasanya terdiri dari:

Judul
Kata pengantar
Daftar Isi
Isi
Isi laporan bisa dibuat dalam bentuk:
Pendahuluan, Latar Belakang, Tujuan, Isi, Saran, Penutup, Daftar Pustaka, dan Lampiran.

Pendahuluan
Merupakan halaman pembuka sehingga Anda perlu menuliskan dengan baik terkait latar belakang dan tujuan penulisan dari perakitan komputer.

Isi laporan
Pada pembahasan ini Anda bisa membahas terkait alat dan bahan yang Anda gunakan maupun langkah-langkah perakitan yang dibuat dengan detil. Pembahasan yang baik akan membuat minat baca akan semakin baik karena pembaca bisa mendapatkan ilmu yang lebih baik dari proses perakitan komputer. Zaman sekarang perakitan komputer menjadi daya tarik sendiri sehingga setiap tulisan akan baca dicari.

Pada pembahasan laporan, Anda bisa membuatnya seperti berikut ini.
Langkah perakitan komputer bisa dilakukan seperti tahapan di bawah ini:

  1. Terlebih dahulu siapkan casing baru Anda pasang daya atau power supply.
  2. Baru setelah itu memasang motherboard pada casing. Agar motherboard lebih kokoh gunakan baut baru memasang processor. Pemasangan processor sebaiknya harus Anda sesuaikan antara processor maupun motherboard.
  3. Apabila processor sudah dipasang dengan baik baru dilanjutkan dengan kipas processor.
  4. RAM harus dipasang sesuai dengan ketentuan untuk menghindari terjadinya kesalahan.
  5. Persiapakan casing yang sesuai pada semua komponen yang ada. Baru kemudian Anda memasang harddisk tepat pada casing. Lakukan perlahan-lahan agar lebih aman dari benturan  dan tambahkan baut agar lebih aman.
  6. Jika hardisk sudah bisa dipasang dengan baik baru kabel data mulai dipasang baik pada harddisk maupun motherboard. Baru langkah berikutnya adalah memasang CD ROM dari depan dengan memasang kabel power pada motherboard.
  7. Baru pasang semua kabel dan pasang konektor power supply pada motherboard. Usahakan memasang harus tepat untuk menghindari kerusakan yang akan terjadi pada motherboard.
  8. Apabila setiap komponen yang ada sudah dipasang dengan baik baru gunakan penutup casing.


Buatlah pembahasan pada laporan perakitan komputer yang lebih detil dan menarik sehingga lebih mudah dimengerti oleh orang lain. Penggunaan foto akan sangat membantu terutama pada proses pemasangan. Foto akan lebih banyak membantu agar bisa mempraktikkannya sesuai dengan ketentuan. Pilihlah foto yang sesuai dan jelas sehingga laporan Anda akan terlihat lebih menarik dan mudah dimengerti.

Apabila semua laporan perakitan komputer sudah selesai anda bahas pada bab selanjutnya adalah penutup yang isinya bisa berisi kesimpulan dan saran. Tambahkan daftar pustaka sebagai bahan yang Anda gunakan ketika membuat laporan tersebut.

Laporan perakitan komputer ini pada dasarnya bisa Anda lakukan secara otodidak, namun dengan adanya panduan yang tepat akan lebih memberikan pencerahan pada Anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel