Perbaiki Monitor Tabung Komputer Dengan Mudah, Semua Bisa!

masfery.com - Kerusakan bisa saja terjadi pada komputer Anda baik karena kurangnya perawatan, spare part yang sudah lama dan rusak, dan lain-lain. Semua permasalahan yang terjadi pada komputer membutuhkan penanganan yang baik agar komputer bisa berfungsi sebagai mana mestinya. Perbaikan komputer bisa Anda lakukan secara langsung maupun dengan bantuan service komputer. Apabila Anda tertarik bisa juga memperbaiki komputer dengan mengikuti cara memperbaiki monitor tabung komputer seperti berikut ini.

Perbaiki Monitor Tabung Komputer Dengan Mudah


Sebelumnya ada baiknya Anda mengetahui jenis-jenis monitor yang selama ini biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, di antaranya adalah sebagai berikut.


1. Monitor TFT LCD

Teknologi pada TFT LCD dalam bentuk liquid crystal yang terdiri dari TFT glass dan colour filter glass, di mana:

  • TFT glass memiliki Thin Film transistor sejumlah warna yang sudah disaring untuk ditampilkan.
  • Colour filter glass fungsinya untuk memancarkan warna dengan baik.


2. Monitor Catoda Ray Tube (CRT)

Pada monitor ini Anda akan menjumpai monitor dengan tabung yang bisa membuat elektron agar terjadinya tembakan pada layar hingga pada akhirnya gambar akan terlihat pada layar. Cara kerja seperti ini bisa Anda lihat pada televisi.


3. Monitor Liquid Crystal Display (LCD)

Anda bisa melihat sistem kerja pada monitor ini dengan adanya stimulasi arus listrik yang berasal dari luar agar bisa diterima liquid crystal hingga pada akhirnya akan bekerja dengan merubah properti yang berasal dari cahaya yang sudah dilewati oleh crystal.

Apabila terjadi kerusakan pada komputer cobalah gunakan cara memperbaiki monitor tabung komputer. Langkah yang bisa Anda lakukan adalah:


1. Melacak Kerusakan

Pada tahapan ini Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu sudahkah listrik tersambung dan jika yang terjadi pada monitor yang Anda nyalakan tetap mati, sehingga tidak ada sambungan dengan sistem unit akibatnya monitor tidak terlihat apapun juga.


2. Membongkar Monitor

Siapkan terlebih dahulu alat-alat yang dibutuhkan seperti obeng dan alat lainnya yang sudah Anda persiapkan di awal. Agar ketika bekerja Anda sudah siap mengerjakannya.  Jangan lupa gunakan alas kaki dengan bahan karet. Bongkarlah monitor komputer dengan membuka casingnya terlebih dahulu.  Carilah rangkaian maupun bagian yang rusak dengan menggunakan sistem unit dan jangan lupa mengaktifkan video card untuk mengetahui permasalahan yang terjadi. Apabila kerusakannya adalah:

  • Gambar berbayang  maka cobalah dengan mengatur kembali pengaturannya dengan cara memutar playback ke arah kanan perlahan-lahan dengan bantuan obeng.  Sampai Anda melihat gambar sudah normal seperti biasanya namun jika sudah diperbaiki tetap terus menerus terjadi kerusakan langkah berikutnya adalah dengan mengganti playback dengan yang baru namun carilah yang cocok dengan serinya.
  • Gambar gelap, mengubah pengaturan screen yang terdapat pada playback gunakan obeng untuk membantu memutarnya ke arah kanan. Upayakan monitor dalam kondisi menyala sehingga Anda bisa melihat hasilnya.
  • Warna kurang sesuai, biasanya suda terjadi kerusakan pada RGB. Anda bisa memperbaikinya dengan melihat solderan pada PCB. Jika ada kerusakan maka cobalah untuk menyolder ulang agar lebih baik. Setelah itu putarlah trimpot namun hanya sedikit saja putarannya apabila terlalu banyak bisa akan mengakibatkan kerusakan. Apabila sampai terjadi yang tidak sesuai ada kemungkinan kerusakan terjadi pada transistor.

Itulah di antaranya cara memperbaiki monitor tabung komputer yang bisa Anda lakukan. Tetaplah berhati-hati untuk menghindari terjadinya kerusakan yang lebih parah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel