Tahapan Instal Mikrotik Di PC Dengan Bantuan Flashdisk

masfery.com - Kali ini Anda bisa mencoba cara instal mikrotik di PC dengan flashdisk sesuai dengan media yang digunakan adalah flashdisk. Sebaiknya sebelum berlanjut pada tahapan berikutnya Anda sudah menyiapkan flashdisk yang masih berfungsi dengan baik dan masih bisa digunakan. Alat yang diperlukan adalah:

Instal Mikrotik Di PC Dengan Bantuan Flashdisk


1. Flashdisk yang sebelumnya Anda sudah menginstal mikrotik apabila belum diinstall maka cobalah install terlebih dahulu.

2. PC, adapun spesifikasi PC yang bisa digunakan adalah:

  • RAM 64 MB.
  • Processor minimal 256 Mhz.
  • Port Ethernet sebanyak dua buah.  Di mana satu port yang akan digunakan untuk internet dan port satunya lagi digunakan sebagai alat yang mengkoneksikan antara PC router dan komputer.


Cara instal mikrotik di PC dengan flashdisk, cobalah dengan menggunakan cara di bawah ini:

  1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah dengan mencoba menghubungkan flashdisk pada PC yang selanjutnya akan digunakan sebagai alat untuk menginstal. 
  2. Aturlah bios agar booting yang akan dilakukan dengan media flashdisk bisa berjalan dengan baik. Lakukan cara di bawah ini:
  3. Cari tombol Del lalu klik saat PC booting apabila telah masuk BIOS kemudian pada menu Boot cobalah ubah 1st Boot Device ke Rremovable Dev.
  4. Apabila proses booting melalui media flashdisk sudah sukses Anda lakukan maka tahapan berikutnya adalah biarkan loading hingga terlihat tampilan login MIkroTik.
  5. Jika sudah login barulah isi mikrotik berikut admin dengan kata kunci yang Anda kosongkan agar bisa masuk ke mikrotik mode CLI.
  6. Jika tahapan-tahapan tersebut sudah selesai Anda lakukan  biarkan sesaat hingga ada tampilan yang menandakan Anda sudah berhasil membuatnya.


Flashdisk merupakan alat yang bisa digunakan sebagai tempat menyimpan data eksternal. Penyimpanan data bisa dilakukan dengan cara menghubungkan port USB yang bisa untuk menyimpan data dengan kapasitas ruang untuk menyimpan data yang tergolong besar. Anda bisa memanfaatkan Flashdisk untuk berbagai keperluan menariknya adalah alat ini masih bisa menyimpan data dengan baik meskipun tidak ada aliran listrik pada flashdisk tersebut. Bagi Anda flashdisk bisa menjadi alternatif penyimpanan data yang sangat bermanfaat dengan berbagai kelebihannya, seperti:

1. Memiliki ukuran yang relatif kecil dengan kapasitas penyimpanan data yang lumayan besar serta berbagai model yang menarik. Anda bisa kapan saja membawa flashdisk untuk berbagai keperluan karena bentuknya yang kecil sehingga tidak memakan tempat dan sangat mudah di bawa ke mana saja. Kapasitas penyimpanan datanya pun tergolong besar sehingga file dan data penting bisa Anda simpan di flashdisk. Perkembangan teknologi tidak kalah menariknya dengan adanya berbagai model flashdisk yang bentuknya menarik sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

2. Tergolong awet dan tahan lama. Anda bisa menggunakan flashdisk dalam waktu yang lama apabila bisa merawatnya dengan baik salah satunya adalah jangan mencabut flashdisk secara paksa. Akibatnya jika dipaksa flashdisk akan cepat rusak dan terkadang data tidak bisa dibuka lagi.

3. Harga terjangkau dan kompetitif di pasaran. Semakin banyaknya flashdisk yang ada di pasaran berimbas pada harga sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda. Baik anak sekolah maupun pekerja dapat menjangkau harga dari flashdisk yang ada di pasaran.

Nah, besarnya manfaat dari flashdisk ini wajar saja bisa menjadi alat atau media cara instal mikrotik di PC dengan flashdisk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel