Cara Mengganti Baterai Tanam Vivo V17 Pro

masfery.com - Sebagai smartphone yang banyak diminati oleh konsumen, Vivo V17 Pro memang dibekali dengan fitur dan perangkat yang canggih, desain yang elegan, dan harga jual yang cukup terjangkau. Untuk membuat performa smartphone pabrikan Cina yang diluncurkan September 2019 ini meningkat, Vivo membekalinya dengan sistem operasi (OS) Android 9.0: Pie, Chipset Qualcomm SDM675 Snapdragon 675 (11 nm), CPU Octa-core (2x2.0 GHz Kryo 460 Gold dan 6x1.7 GHz Kryo 460 Silver), GPU Adreno 612, serta baterai tanam jenis Li-Po berkapasitas 4100 mAh.

Cara Mengganti Baterai Tanam Vivo V17 Pro

Spesifikasi Baterai Tanam Vivo V17 Pro

Saat ini, Vivo membekali smartphone-nya, termasuk V17 Pro, dengan baterai tanam. Hal ini dikarenakan baterai tanam (non-removeable battery) memiliki beberapa kelebihan, seperti smartphone tidak mudah patah dan lebih kukuh, lebih tahan terhadap overcharge, lebih mudah mengganti SDcard atau SIM card, serta lebih aman sehingga baterai tidak mudah dicabut dan smartphone tidak mudah dimatikan jika dicuri.

Selain itu, baterai tanam juga dapat membuat body smartphone lebih slim, baterai memiliki daya yang lebih besar sehingga lebih tahan lama, baterai akan lebih awet dan lebih stabil, serta kebersihan smartphone bagian dalam akan lebih terjaga.

Dengan kelebihan-kelebihan tersebut, tidak heran jika Vivo membekali smartphone-nya, termasuk Vivo V17 Pro, dengan baterai tanam. Berbicara tentang baterai tanam Vivo V17 Pro, berikut ini adalah spesifikasinya.

  1. Menggunakan baterai jenis Li-Polymer (Li-Po).
  2. Menggunakan baterai model B-H1.
  3. Memiliki limited charge voltage 4.45V.
  4. Memiliki rated capacity 4040 mAh/15.63Wh
  5. Memiliki typical capacity 4100 mAh/15.86Wh.
  6. Memiliki voltage 3.87V.

Mengganti Baterai Tanam Vivo V17 Pro

Meskipun lebih awet, lama-kelamaan baterai tanam akan mengalami masalah. Biasanya, masalah yang sering terjadi adalah baterai menggembung atau mudah drop. Jika sudah seperti ini, mau atau tidak mau, Anda harus mengganti baterai tersebut.

Mungkin Anda bertanya, apa baterai tanam Vivo V17 Pro dapat diganti? Tentu saja, tetapi caranya berbeda dengan cara mengganti baterai yang dapat dilepaskan (removeable battery). Adapun cara mengganti baterai tanam Vivo V17 Pro adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan peralatan yang dibutuhkan terlebih dahulu berupa obeng plus ukuran 1,2 milimeter, opening picks/spudger, pinset, SIM card tray ejector, dan suction cup.
  2. Matikan smartphone Vivo V17 Pro Anda.
  3. Lepaskan SIM card tray.
  4. Panaskan lem pada casing belakang agar mencair dan mudah dilepas. Casing belakang Vivo V17 Pro menggunakan bahan Gorilla Glass yang ditempelkan dengan lem khusus.
  5. Angkat sedikit casing belakang dengan suction cup hingga bercelah.
  6. Robek lem dengan menggeser opening picks/spudger ke setiap sudut secara perlahan.
  7. Buka casing belakang Vivo V17 Pro Anda.
  8. Lepaskan dua lembar plastik pelindung berwarna hitam.
  9. Buka baut bracket yang melindungi konektor baterai dengan obeng plus.
  10. Lepaskan konektor baterai untuk memutuskan arus listrik.
  11. Lepaskan konektor sub-board yang melintang di bagian atas baterai.
  12. Lepaskan pelindung baterai berupa plastik tipis transparan di sebelah kanan dan kiri.
  13. Lepaskan baterai dengan menarik pull-tab berwarna hijau yang bertuliskan lift up handle and remove battery.
  14. Ganti baterai yang lama dengan baterai yang baru.
  15. Pasang kembali konektor baterai dan konektor sub-board, kemudian tes.
  16. Jika baterai berfungsi dengan normal, matikan kembali smartphone Anda.
  17. Pasang kembali semua perangkat, termasuk casing, yang sudah dilepaskan.

Itulah cara mengganti baterai tanam Vivo V17 Pro. Saat mengganti baterai tanam Vivo V17 Pro, gunakanlah baterai yang asli dan berkualitas agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari.   

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel