Kenali Fitur NFC Samsung Dan Cara Penggunaannya

masfery.com - Uang elektronik atau e-money bukan hal baru bagi kita. Transaksi apapun menjadi mudah dilakukan, cepat, dan tidak merepotkan dengan uang elektronik tersebut. Umumnya e-money menggunakan kartu sebesar kartu kredit yang bisa dibawa ke manapun dalam dompet kita. Seiring dengan berjalannya waktu, transaksi e-money mulai merambah ke ponsel. Benda dalam genggaman ini pasti tak pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Banyak produsen Hp yang mulai melihat peluang e-money dalam genggaman dengan meluncurkan ponsel NFC. NFC Samsung salah satu yang paling laris di pasaran.

Kenali Fitur NFC Samsung Dan Cara Penggunaannya

Sudah Tahu Apa Itu NFC?

Fitur premium yang memudahkan orang dalam menghubungkan dua perangkat elektronik untuk berbagai transaksi dari jarak dekat. Itulah mengapa fitur ini dinamakan Near Field Communication. Dengan jarak maksimal 4 cm, Anda bisa menghubungkan ponsel Anda dengan perangkat elektronik pembayaran tanpa harus menggunakan kartu fisik.

Fitur ini sudah ada sejak akhir tahun 90-an. Samsung adalah perusahaan raksasa Korea Selatan yang pertama kali meluncurkan smartphone Android dengan fitur NFC. Ponsel NFC Samsung pertama kali yang dikenal masyarakat adalah Samsung Nexus S yang dirilis pada tahun 2010.

Manfaat NFC Untuk Apa?

Banyak yang berasumsi jika NFC hanya bisa mengisi saldo e-toll dan melakukan pembayaran. Nyatanya, ada sejumlah kemudahan yang bisa kita dapat dengan menggunakan ffitur NFC ini. Beberapa ponsel NFC Samsung yang beredar di pasaran telah memperkenalkan manfaat lain dari NFC yaitu sebagai alat pengiriman data.

Berikut adalah manfaat dari NFC pada ponsel yang perlu kita ketahui.

1. Melakukan pembayaran tanpa uang fisik. Anda tentu setuju jika menyimpan terlalu banyak uang fisik seperti uang kertas dan koin dalam dompet cukup merepotkan. Ketika Anda memiliki NFC dalam ponsel, Anda hanya perlu mendekatkan item yang hendak Anda beli ke ponsel. Dalam waktu sepersekian detik saja Anda sudah bisa membawa pulang barang tersebut.

2. Kunci Segala Benda. NFC pada ponsel akan selalu dikembangkan untuk berbagai kebutuhan. Salah satunya, NFC untuk membuka pintu kendaraan bermotor, rumah ataupun brankas.

3. Memeriksa saldo uang elektronik. Hal ini tentu sangat berguna bagi Anda yang sering mobile menggunakan sarana transportasi seperti MRT, Commuterline, maupun TransJakarta. Begitu pula bagi pengendara mobil yang ingin praktis saat membayar tol. Anda bisa tahu berapa isi saldo e-money Anda.

4. Meminimalisasi penggunaan kartu untuk pembayaran. NFC Samsung yang digemari orang adalah Samsung Pay. Keamanannya sangat terjaga sehingga pengguna tidak merasa khawatir jika saldonya terpotong dari suatu tempat karena kebocoran informasi. Pengguna harus terlebih dahulu mengaktifkan aplikasi pembayaran Samsung Pay sebelum melakukan transaksi. Hanya Anda yang memiliki akun Samsung Pay yang bisa menggunakan aplikasi ini.

5. Transfer data. Samsung sebagai pionir transfer data melalui NFC Samsung yang dimilikinya mencoba membuat terobosan baru. Anda hanya perlu men-tap ponsel Samsung yang memiliki NFS ke gawai lainnya. Tidak hanya ponsel, Anda juga bisa menggunakan NFC Samsung ini ke kamera DSLR, printer, dan gawai lain yang memiliki NFC juga.

Cara Menggunakan Fitur NFC Samsung

Protokol komunikasi jarak dekat nirkabel ini bisa Anda temui di sejumlah tipe Hp Samsung seperti Samsung Galaxy A50S, Samsung Galaxy A9, Samsung Galaxy J7, dan masih banyak lagi.
Berikut cara mengaktifkan fitur NFS Samsung Anda.

  1. Silakan masuk ke fitur SETTINGS. Kemudian, pilih CONNECTIONS. 
  2. Geser slider fitur NFC and PAYMENT ke posisi ON. 
  3. Ketika akan melakukan transaksi, Anda hanya perlu memilih fitur TAP and PAY. 
  4. Dekatkan ponsel ke ponsel atau media elektronik lainnya. Jika transaksi belum berhasil, cobalah untuk lebih dekat dengan media tersebut dan periksa juga koneksi internet Anda. 

Samsung selalu ingin mempersembahkan yang terbaik pada penggunanya. Salah satunya adalah melalui fitur NFS Samsung ini. Sebaiknya Anda perlu memeriksa saldo sebelum dan sesudah melakukan transaksi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel